Trending

Pemkab Balangan pastikan ratusan hewan kurban tersedia pada Idul Adha - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Balangan (BERITAJA) - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan memastikan sebanyak 272  ekor hewan kurban tersedia pada seremoni Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

“Kami memastikan untuk stok hewan kurban tercukupi dan telah menjamin kesehatan hewan kurban yang masuk ke Kabupaten Balangan pada Idul Adha nanti,” kata Kepala Bidang Peternakan DKP3 Balangan Mariani di Balangan, Senin.

Baca juga: Pemkab Balangan siapkan SDM terampil melalui training perangkat berat

Mariani menyebut untuk jumlah keseluruhan hewan kurban sekarang berada diangka 272 ekor, yang mana kebutuhan pasar hewan kurban di Kabupaten Balangan cukup beragam.

Dia melanjutkan dari total sebanyak 272 ekor hewan kurban tersebut tidak hanya sapi saja, melainkan juga ada sebanyak 16 ekor kerbau, 43 ekor kambing dan tujuh ekor domba.

Ditegaskan dia, sampai saat ini Dinas Pertanian Kabupaten Balangan tidak pernah mendapati hewan kurban yang tidak lulus uji kesehatan, semuanya sudah lulus uji kesehatan.

Baca juga: Warga Balangan ditangkap miliki 1,15 gram sabu

Karena ujarnya, pemeriksaan Ante Mortem terus dilakukan secara berkala dan menyeluruh ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan.

"Kalau kami mendapati ada hewan kurban yang tidak lolos uji kesehatan maka hewan kurban itu tidak kami perbolehkan beredar di peternakan yang ada di Kabupaten Balangan," ujarnya.

Sementara itu Tim Kesehatan Hewan DKP3 Balangan drh Ayu Asrinandi menambahkan untuk teknis di lapangan biasanya dia berbareng tim langsung ke pengepul hewan ternak untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Menurut Ayu jika mendapati hewan kurban yang sakit seminggu sebelum hari raya Idul Adha, maka masihmampu diobati dan disembelih pada saat penyelenggaraan hari raya Idul Adha,” tuturnya.

Namun ujar Ayu jika sudah mendekati hari raya Idul Adha sakitnya tidak sembuh, maka sudah tidak dapat disembelih lagi," tambahnya.

Baca juga: Bupati Balangan tegas lakukan pemberantasan narkoba







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close