Trends

Pemerintah optimistis ekosistem lagu anak Indonesia semakin menguat - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyatakan rasa optimistis bahwa ekosistem lagu anak Indonesia bakal semakin menguat.

"Dengan penguatan pada manajemen talenta, peningkatan kualitas lagu anak, dan ekspansi pemanfaatan lagu anak, saya optimis ekosistem lagu anak Indonesia bakal semakin menguat," kata Nadiem dalam sambutan saat membuka aktivitas Peringatan Hari Musik Nasional Kemendikbudristek, nan diikuti secara daring dari Jakarta, Kamis.

Menurut Nadiem, kunci keberhasilan untuk penguatan ekosistem lagu anak adalah gotong royong. Penguatan ekosistem lagu anak kudu menjadi aktivitas nan diupayakan oleh seluruh lapisan masyarakat, mulai dari pelaku seni dan budaya, orang tua, guru, sampai masyarakat luas.

Hal nan tidak kalah penting, menurut Nadiem, adalah upaya mengembangkan ekosistem lagu anak untuk meningkatkan manfaatnya sebagai media edukasi, khususnya dalam pendidikan nilai budi pekerti dan penguatan profil pelajar Pancasila.

Berita lain dengan Judul: Psikolog: musik dan lagu pengaruhi kembang tahap usia anak-anak

Nadiem mengingatkan bahwa anak-anak kudu mendengarkan lagu-lagu nan sesuai dengan usianya sejak dari rumah, ketika berada di sekolah, serta saat berada di lingkungan masyarakat. Dalam perihal itu, orang tua, guru, dan media massa turut memainkan peranan penting.

Peringatan hari musik nasional tahun ini, menurut Nadiem, merupakan momentum nan tepat untuk menguatkan komitmen dan gotong royong untuk memajukan ekosistem lagu anak. Oleh karena itu, Kemendikbudristek menggelar Peringatan Hari Musik Nasional dengan melibatkan penampilan lagu-lagu anak melalui program Kila (Kita Cinta Lagu Anak).

Pelibatan untuk menampilkan lagu-lagu anak dalam aktivitas peringatan hari musik nasional, menurut Nadiem, merupakan pertanda baik bahwa ekosistem lagu anak Indonesia saat ini mulai bangkit kembali dan semakin berkembang.

"Komitmen Kemendikbudristek untuk menyelenggarakan Kila sebagai agenda tahunan telah melahirkan talenta-talenta muda di bagian musik nan berbakat dan membanggakan," kata Nadiem.

Berita lain dengan Judul: Lagu KILA diharapkan dapat dinyanyikan siswa di sekolah

Kila telah melahirkan para penyanyi muda nan unik membawakan lagu anak-anak. Selain itu, Kila juga telah melibatkan para musisi dan seniman musik Indonesia dalam pembuatan aransemen dan pembuatan lagu anak.

Program Kila telah menambah koleksi lagu anak dengan tema beragam. Mengingat perihal tersebut, Nadiem pun menekankan pentingnya untuk menyosialisasikan lagu-lagu anak nan dihasilkan program Kila untuk dapat digunakan sebagai materi ajar.

"Oleh lantaran itu, lagu-lagu dan video klip nan telah dihasilkan dari program Kila perlu kita sosialisasikan kepada guru-guru, kepada sekolah-sekolah agar bisa digunakan sebagai materi ajar dalam kurikulum merdeka," kata Nadiem.

Pada kesempatan nan sama, Nadiem turut mengucapkan selamat Hari Musik Nasional nan diperingati setiap 9 Maret. Dia juga membujuk masyarakat dan beragam pihak untuk terus bergerak dengan serentak dalam mewujudkan merdeka belajar dan berbudaya.

Berita lain dengan Judul: Kemendikbudristek sebut KILA bangun ekosistem lagu anak

Berita lain dengan Judul: Teknologi mempermudah akses bermusik dan pengedaran karya

Berita lain dengan Judul: Hari musik nasional, ini tiga vokalis pujaan Armand Maulana


Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close