Pemerintah beri pengurangan pajak ke investor domestik yang masuk IKN - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Fasilitas pengurangan pajak penghasilan badan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 diberikan untuk nilai penanaman modal paling sedikit Rp10 miliar (sepuluh miliar rupiah),

Jakarta (BERITAJA.COM) - Pemerintah siap memberikan akomodasi pengurangan pajak penghasilan badan bagi perusahaan dalam negeri nan berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Berdasarkan Pasal 28 ayat 1 Peraturan Pemerintah (PP) nomor 12 Tahun 2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara, wajib pajak badan dalam negeri nan melakukan penanaman modal di IKN Nusantara diberikan akomodasi pengurangan pajak penghasilan badan.

"Fasilitas pengurangan pajak penghasilan badan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 diberikan untuk nilai penanaman modal paling sedikit Rp10 miliar (sepuluh miliar rupiah)," sebagaimana dikutip dari salinan PP nomor 12 Tahun 2023 di Jakarta, Rabu.

Berita lain dengan Judul: 10 perusahaan Malaysia kaji berinvestasi di IKN

Penanaman modal nan mendapatkan akomodasi sebagaimana dimaksud merupakan penanaman modal di bagian upaya nan mempunyai nilai strategis untuk mempercepat pembangunan dan pengembangan IKN Nusantara nan meliputi prasarana dan jasa umum, bangkitan ekonomi, dan bagian upaya lainnya.

Untuk penanaman modal dalam prasarana dan jasa umum nan mendapatkan akomodasi pengurangan pajak meliputi pembangkit tenaga listrik termasuk daya baru dan
terbarukan, pembangunan dan pengoperasian jalan tol, pembangunan dan pengoperasian pelabuhan laut, pembangunan dan pengoperasian bandar udara.

Kemudian pembangunan dan penyediaan air bersih, pembangunan dan pengoperasian akomodasi kesehatan, pembangunan dan penyelenggaraan satuan pendidikan, pembangunan dan penyediaan prasarana telekomunikasi dan informatika, pembangunan dan pengelolaan rimba taman kota, pembangunan perumahan, area pemukiman, dan perkantoran, pembangunan dan pengelolaan air limbah, pembangunan dan pengelolaan sistem jaringan utilitas bawah tanah, pembangunan dan pengoperasian area industri serta pusat riset dan penemuan (industrial and science park).

Lalu pembangunan dan pengoperasian pasar rakyat, penyediaan transportasi umum, pembangunan dan pengoperasian terminal kendaraan pikulan penumpang alias barang, dan pembangunan dan pengoperasian stadion/sarana olahraga.

Untuk penanaman modal kategori bangkitan umum meliputi pembangunan dan pengoperasian pusat perbelanjaan (mall), penyediaan sarana wisata dan jasa akomodasi/hotel berbintang, penyediaan akomodasi Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE), stasiun pengisian bahan bakar dan/atau pengisian daya untuk kendaraan listrik (battery charging).

Berita lain dengan Judul: Kemenkeu siapkan PT SMI untuk dukung proyek IKN

Bidang upaya lainnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 berupa budidaya pertanian dan/atau perikanan perkotaan, industri dan/atau rekayasa industri berbobot tambah, industri perangkat keras (hardware dan/atau perangkat lunak alias software), jasa perdagangan, jasa konstruksi, jasa perantara real estat, dan jasa pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Pengurangan pajak penghasilan badan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) diberikan sebesar 100 persen dari jumlah Pajak Penghasilan badan nan terutang," menurut Pasal 29 PP nomor 12 Tahun 2023.

Jangka waktu pengurangan pajak tersebut bagi penanammodal nan masuk ke IKN diberikan mulai dari 10 tahun hingga 30 tahun. akomodasi pengurangan pajak penghasilan badan di IKN Nusantara diatur dalam peraturan menteri nan menyelenggarakan urusan pemerintahan di bagian finansial negara.

Presiden RI Joko Widodo telah menetapkan PP Nomor 13 Tahun 2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close