Trending

Pembekalan Ideologi Pancasila kepada generasi muda guna tekan paham radikal - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Kotabaru Kalsel (BERITAJA.COM) - Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Selatan Muhammad Yani Helmi memberi pembekalan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda bangsa guna menekan radikalisme serta mengerti lain nang tidak sesuai nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Pembekalan kali ini berupa sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di SMKN 2 Kotabaru (sekitar 300 kilometer timur/tenggara Banjarmasin), sebagaimana info wakil rakyat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tersebut melalui telepon seluler, malam Sabtu.

Tentu saja kehadiran wakil rakyat nang berkawan dengan sapaan Paman Yani di SMKN 2 Kotabaru pada 17 Maret 2023 menanamkan, dan sekaligus memberikan penguatan terhadap Pancasila sebagai landasan dasar dalam bernegara.

Pada sosialisasi tersebut, personil legislatif nang membidangi ekonomi dan finansial itu turut bangga atas antusiasme serta kesungguhan dari generasi muda khususnya peserta didik SMKN 2 Kotabaru dalam menyerap pengetahuan bernegara.

"Hari ini luar biasa peserta nang datang dalam menerima materi nilai-nilai Ideologi Pancasila. Kita berambisi generasi muda ini adalah calon penerus bangsa dan jangan sampai bergeser," papar Paman Yani.

Oleh karenanya, dia mengimbau, di tengah bentrok peperangan nang saat ini tetap terjadi. agar masyarakat, khususnya generasi muda, dapat menjaga negara ini dengan baik dan tidak terprovokasi serta termakan rumor "hoax" (bohong).

"Kita tidak menginginkan adanya ini dan jangan sampai ada pemaksaan ideologi baru. Hal tersebut tidak kami inginkan, makanya, sosialisasi revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila datang untuk memberikan penguatan mereka," tegas Paman Yani.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Yani Helmi saat sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di SMKN 2 Kotabaru (sekitar 300 kilometer timur/tenggara Banjarmasin), Jumat (17/3/23) (BERITAJA.COM/HO-Dokumen Pribadi)

Sementara itu, Kasubbid Kelembagaan Partai Politik dan Fasilitasi Pemilu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)  Kalsel, Harry Widhiyatmoko, berpesan dalam sosialisasi seperti saat ini setidaknya generasi muda bisa lebih memahami apa itu kecintaan terhadap negara nang diukur ke dalam materi.

"Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila tentu merupakan modal awal mereka agar cinta terhadap tanah airnya serta tetap menjunjung empat pilar berbangsa dan bernegara," ucap Harry.

Keempat pilar tersebut Pancasila, Undang Undang Dasar (UUD) Republik Indonesia Tahun 1945,. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

Ia mengingatkan pula, agar generasi muda tidak mudah terpengaruh mengerti radikal (radikalisme) dan nang dapat menumbuhkan bentrok dan perpecahan.

"Yang jelas tidak bertentangan dengan nilai serta Ideologi Pancasila lantaran itu tanggungjawab dasar kita dalam menjaga NKRI di banua," tutur Harry.

Pada kesempatan itu Kepala SMKN 2 Kotabaru Edi Rohaedi mengucapkan terima kasih atas pemberian materi nang legislatif berikan dari Dapil Kalsel VI/ Kotabaru dan Tanbu .

Ia mengharapkan, peserta didiknya dapat mengimplementasikan apa nang telah mereka dapat alias serap melalui sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila.

"Karena dengan adanya penanaman wawasan untuk tetap mencintai bangsa dan negara ini tentu bakal menghindarkan sikap negatif. Sebagai penduduk negara Indonesia nang baik sudah sepantasnya kita kudu tetap menjaga kesatuan serta persatuan," harapnya.
 







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close