Trends

Pembangunan IKN Nusantara bentuk nyata wujudkan Indonesiasentris - Beritaja

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebut pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur yang saat ini tengah dilakukan oleh Pemerintah Pusat merupakan corak nyata untuk mewujudkan konsep Indonesiasentris.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Septriana Tangkary menyebut konsep Indonesiasentris artinya pembangunan diwujudkan secara merata dan tidak terfokus pada satu Pulau saja.

"Kalau dulu banyak dugaan pembangunan di Indonesia itu selalu Jawasentris, alias Sumaterasentris. Saat ini lewat IKN kita membicarakan Indonesiasentris. Artinya seluruh pembangunan dari Sabang sampai Merauke, dari Mianggas sampai Rote itu prasarana yang dibangun sama," kata Septriana dalam obrolan hybrid berjudul "Temu Influencer "Mewujudkan Visi Smart City dalam Transformasi Ibu Kota Negara", Rabu.

Baca juga: OIKN kerjasama dengan swasta wujudkan pembangunan rendah karbon

Lebih lanjut, Septriana mengatakan pembangunan IKN dapat melangkah optimal lewat kerjasama dengan beragam pihak mulai dari masyarakat lokal hingga seluruh kementerian dan lembaga yang ada di Indonesia.

Dalam pembangunan IKN, Kementerian Kominfo juga ikut mengambil bagian dengan menyiapkan prasarana telekomunikasi alias pemerataan akses internet, pengintegrasian Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

Pada penyiapan prasarana telekomunikasi dan pemerataan akses internet, menurut Septriana, saat ini sudah mengalami perbaikan dan pemerataan yang lebih baik.

"Dulu 20 mbps itu kecepatan internet yang hanya bisa dirasakan di Jawa saja, tapi sekarang kecepatan segitu pun sudah bisa dirasakan di pulau lain seperti di Makassar. Rasanya nyaris semua tempat sekarang bisa mendapatkan kecepatan yang sama," katanya.

Lalu dari segi integrasi SPBE, Septriana mengatakan perihal itu perlu dilakukan sebagai salah support transformasi digital di IKN.

Ia menyebut Kementerian Kominfo bertanggung jawab untuk melakukan integrasi dan pengharmonisan jasa digital yang tersedia di setiap kementerian ataupun lembaga publik sehingga nantinya pemerintahan digital bisa terwujud dengan lebih baik di IKN.

Baca juga: Menteri PUPR: Kaidah ESG diterapkan dalam pembangunan IKN Nusantara

"Salah satu targetnya dengan melakukan pengharmonisan dan integrasi aplikasi yang telah dikembangkan pemerintah dari tingkat pusat dan wilayah yang sekarang jumlahnya sudah mencapai 24.000 aplikasi," ujarnya.

Terakhir, support yang diberikan untuk pembangunan IKN dari Kementerian Kominfo dalam mewujudkan tata kelola kota pandai adalah dengan membangun Pusat Data Nasional (PDN).

Septriana mengatakan saat ini PDN yang nyaris rampung pengerjaannya adalah PDN di Cikarang, Jawa Barat dan nantinya bakal ada juga PDN di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, PDN di Kepulauan Riau, dan juga direncanakan di Labuan Bajo, NTT.

Nantinya semua info krusial milik masyarakat bakal ditampung di PDN itu dengan angan dapat mempermudah proses integrasi jasa SPBE di beragam sektor.

Baca juga: Jokowi tegaskan pembangunan IKN untuk atasi ketimpangan ekonomi


Editor: Mahfud
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close