Trending

Pelni Baubau sebut 11 kapal siap untuk layani angkutan lebaran 1444 H - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jadi,  Pelni sudah menyiapkan 11 kapal nang menyinggahi Pelabuhan Baubau untuk masa peak season Idul Fitri ini....

Kendari (BERITAJA.COM) - PT Pelayaran Nasional Indonesia alias Pelni Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan sebanyak 11 kapal siap singgah di Pelabuhan Murhum, Kota Baubau, untuk melayani pikulan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah (H)/2023 Masehi (M).

"Jadi,  Pelni sudah menyiapkan 11 kapal nang menyinggahi Pelabuhan Baubau untuk masa peak season Idul Fitri ini. Memang kemarin ada dua kapal nang docking (perawatan rutin), ialah KM Nggapulu dan KM Lambelu, tapi sudah selesai dan siap beraksi kembali. Sekarang nang sedang docking KM Sinabung tapi dijadwalkan 7 April 2023 sudah selesai dan siap beraksi kembali," kata Kepala Cabang PT Pelni Baubau Dicky Dermawandi di Baubau Senin.

Dia mengungkapkan bahwa dengan selesainya KM Sinabung menjalani perawatan rutin tahunan, pihaknya menyiapkan sebanyak 11 kapal untuk melayani dan menyinggahi Pelabuhan Murhum pada arus mudik dan kembali Lebaran 1444 H/2023 M.

Berita lain dengan Judul: PT Pelni Batam tambah satu armada kapal untuk antisipasi arus mudik

Ia menambahkan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan seluruh lembaga terkait, ialah KSOP Kelas II Baubau dan pemerintah setempat untuk bersama-sama mempersiapkan aktivitas operasional pikulan Lebaran di Pelabuhan Murhum Baubau.

"Besok kami ada dua undangan rapat di KSOP dan Satgas. Kalau Pelni sebagai operator tetap menjalankan sesuai dengan patokan pemerintah pusat dan daerah," ujar Dicky Dermawandi.

Terkait tiket bagi calon penumpang, dia menyampaikan bahwa pihaknya tetap menerapkan sesuai dengan patokan info Satgas COVID-19 dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) nang belum dicabut. Di mana vaksin booster tetap menjadi persyaratan untuk berangkat menggunakan kapal Pelni.

"Kalau untuk tiket Pelni, calon penumpang bisa memperoleh baik secara online, melalui instansi Pelni, travel-travel nang ada ataupun di penjualan resmi Pelni, jadi ada banyak tempat-tempat penjualan tiket kita," ungkapnya.

Dicky Dermawandi juga mengimbau  para calon penumpang untuk tidak membeli tiket melalui sosial media ataupun pengganti lainnya nang menawarkan secara tidak sah dan resmi, lantaran perihal itu bisa merugikan untuk nang berkepentingan itu sendiri.

"Jadi, diimbau juga agar membeli tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, tidak membeli tidak dadakan, lantaran nang bakal berjalan menggunakan armada Pelni juga kan banyak, apalagi bangku disiapkan terbatas," jelasnya.

Berita lain dengan Judul: Pelni Medan minta pengecualian penumpang pada arus kembali Lebaran 2023

Dia juga memperkirakan jumlah penumpang Lebaran 1444 H/2023 M meningkat sekitar 10-20 persen, lantaran saat ini COVID-19 sudah mereda.

"Tetapi untuk pertimbangan kami dari penyelenggaraan peak season Idul Fitri tahun lampau di Baubau ini peningkatannya lebih di arus balik, untuk di arus mudiknya kebanyakan nang turun, tapi arus kembali lebaran biasanya H-7 alias H-10 mulai ada peningkatan. Jadi, seperti itu jika saya lihat dari pertimbangan dari info aktivitas Idul Fitri tahun-tahun sebelumnya," bebernya.

Dia menjelaskan ke-11 armada Pelni nang bakal menyinggahi Pelabuhan Murhum Baubau, ialah KM Tidar, KM Dobonsolo, KM Ciremai, KM Dorolonda, KM Sinabung, KM Lambelu, KM Leuser, KM Tilongkabila, KM Nggapulu, KM Sirimau, dan Kfc Jetliner.

“Kapal-kapal putih (Pelni) itu juga menyinggahi pelabuhan-pelabuhan di wilayah bagian timur, barat, dan tengah di Nusantara,” tutupnya.

La Ode Muh. Deden Saputra

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close