Trending

Pekerja Yunani mogok kerja memprotes peristiwa tabrakan kereta - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Athena (BERITAJA.COM) - Ribuan pekerja Yunani ikut serta dalam mogok kerja nasional pada Rabu untuk memprotes peristiwa tabrakan kereta di Yunani nan menewaskan 57 orang pada Februari lalu.

Puncak dari tindakan tersebut bakal berjalan dalam corak unjuk rasa di depan gedung parlemen Yunani di Athena.

Kecelakaan pada 28 Februari itu memicu kempetunjukan publik atas buruknya kondisi perkeretaapian Yunani. Para pekerja nan mogok menyatakan bahwa pengabaian serta kurangnya investasi dan jumlah staf akibat krisis utang negara tersebut turut menjadi penyebab kecelakaan itu.

Pada Minggu (5/3), lebih dari 10 ribu pengunjuk rasa ikut serta dalam protes di Athena, selain di kota-kota lainnya di Yunani, sekaligus menerbangkan ratusan balon hitam sebagai tanda protes.

Para pekerja kereta api telah meneruskan mogok kerja 24 jam mereka sejak Kamis (2/3), sehingga melumpuhkan sistem perkeretaapian. Mereka mengatakan tuntutan perbaikan protokol keselamatan telah diabaikan selama bertahun-tahun.

Mogok kerja pada Rabu, nan turut diikuti pekerja sektor publik, melumpuhkan jasa kereta bawah tanah, trem, dan bus. Layanan penyeberangan laut juga berakhir lantaran pekerja perkapalan ikut mogok.

"Kami bakal memaksakan jasa perkeretaapian nan kondusif agar tidak ada lagi nan bakal mengalami tabrakan tragis seperti nan terjadi di Tempi," sebagaimana pernyataan serikat pekerja kereta api utama negara tersebut, merujuk pada letak peristiwa tabrakan kereta itu.

"Kami mempunyai utang tanggungjawab terhadap orang-orang dan kolega kami nan menjadi korban dalam tabrakan tragis itu," tambah pernyataan tersebut.

Sementara itu, serikat pekerja sektor publik ADEY juga menyerukan mogok kerja sepanjang hari dan memprotes peristiwa nan disamakan dengan "kejahatan pembunuhan" tersebut. Organisasi pembimbing dan siswa juga menyatakan kesediaan mereka ikut serta dalam unjuk rasa.

Yunani telah menjual perusahaan pengelola kereta apinya kepada perusahaan transportasi Italia Ferrovie dello Stato Italiane pada 2017 di bawah program biaya talangan internasional untuk Yunani.

Pemerintah Yunani, nan masa jabatannya bakal berhujung musim panas ini, menyebut kesalahan manusia sebagai penyebab kecelakaan tersebut, namun Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis mengakui bahwa pembiaran selama bertahun-tahun juga dapat menjadi aspek dari penyebab kecelakaan itu.

Sumber: Reuters

Berita lain dengan Judul: Korban tewas tabrakan kereta di Yunani bertambah jadi 57 orang

Berita lain dengan Judul: PM Yunani sebut kecelakaan kereta mematikan sebagai "kesalahan negara"

:

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close