Trends

Paus Fransiskus serukan kesempatan setara bagi wanita - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Kota Vatikan (BERITAJA.COM) - Paus Fransiskus pada Rabu mengecam kekerasan dan prasangka terhadap wanita dan menyatakan kesetaraan kesempatan dan bayaran bagi wanita adalah langkah menciptakan bumi nan lebih tenteram dan berkelanjutan.

Pada sebuah prakata kitab nan diterbitkan oleh situs Vatican News dalam rangka Hari Perempuan Internasional, Paus menyerukan kesetaraan dalam keberagaman pada "lapangan nan terbuka bagi semua pemain", meskipun mengakui ada perbedaan antara laki-laki dan wanita.

"Saya pikir jika wanita bisa menikmati kesetaraan kesempatan penuh, mereka dapat berkontribusi secara substansial menuju perubahan nan diperlukan demi mencapai bumi perdamaian, inklusi, setia kawan, dan berkepanjangan secara integral," kata Fransiskus.

Ia juga sempat menyinggung Hari Perempuan Internasional pada audiensi mingguan di Lapangan Santo Petrus pada Rabu waktu setempat dengan meminta hadirin "bersorak untuk semua wanita lantaran mereka layak mendapatkannya."

Paus Fransiskus telah mengecam diskriminasi terhadap wanita di masa lalu, namun, seperti pendahulunya, dia tetap belum terbuka terhadap pendeta wanita.

Ajaran Gereja Katolik menyatakan bahwa hanya laki-laki nan dapat menjadi pendeta lantaran Yesus menunjuk laki-laki sebagai para rasul.

Pada prakata kitab nan berjudul More Women's Leadership for a Better World tersebut, Paus menyatakan bahwa pemikiran wanita berbeda adanya dengan lelaki.

"Mereka lebih peduli untuk melindungi lingkungan, tatapan mata mereka tidak jatuh pada masa lalu, melainkan ke masa depan," katanya.

Ia menambahkan, "Wanita tahu kesakitan nan mereka rasakan saat melahirkan adalah untuk mencapai kebahagiaan besar, ialah untuk memberi kehidupan dan membuka alam baru nan luas. Inilah kenapa wanita menginginkan kedamaian, selalu."

Paus mengatakan wanita kudu mendapatkan bayaran setara dengan laki-laki andaikan pekerjaan mereka sama, dan kesenjangan bayaran antara kelamin merupakan ketidakadilan besar.

Ia juga mengecam "wabah" kekerasan terhadap perempuan, dengan merujuk kembali pada pernyataannya tahun 2021 saat dia menyatakan bahwa kekerasan wanita adalah "luka merekah akibat budaya penindasan patriarkis dan macho."

Fransiskus telah menunjuk beberapa wanita untuk tugas managerial sejak menjadi Paus pada 2013, dan tahun lampau dia berbicara bahwa ada perbaikan di Vatikan setiap kali seorang wanita ditunjuk untuk mengemban tanggung jawab.

Sumber: Reuters
Berita lain dengan Judul: Paus kecam keras perdagangan manusia di Laut Mediterania
Berita lain dengan Judul: Paus Fransiskus minta umat Katolik ingat korban perang dan kaum miskin
Berita lain dengan Judul: Paus Fransiskus tegaskan kembali seruan untuk akhiri perang di Ukraina

 

:

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close