Trending

Patroli gabungan RI di perbatasan Malaysia untuk cegah penyelundupan - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Pontianak (BERITAJA.COM) - Aparat keamanan perbatasan RI-Malaysia meliputi Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonif 645/Gardatama Yudha, Bea Cukai, Imigrasi, Karantina dan Keamanan (CIQS) Jagoi Babang, Polri dan personil TNI lainnya menggelar patroli campuran di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia untuk mencegah penyelundupan.

"Patroli campuran itu kami laksanakan guna menjaga keamanan dan mencegah upaya penyelundupan di jalur-jalur tikus alias jalur tidak resmi (JTR) wilayah PLBN Jagoi Babang, Bengkayang, Kalimantan Barat," kata Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gyt Letnan Kolonel Inf Hudallah, dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Sanggau, Sabtu.

Dansatgas menjelaskan dalam aktivitas patroli dua hari sejak Jumat (10/3) hingga hari ini, pihaknya melibatkan personel pos Komando Utama (KOUT) dan pos Koki SSK II Jagoi Babang Satgas Pamtas Yonif 645/Gty nan dipimpin oleh Pabintal Satgas Pamtas Letda Inf Andi M.P.

Kemudian diikuti juga personel Bea Cukai, Imigrasi, Karantina, dan Keamanan Jagoi Babang, personel Polri dari Polsek setempat dan personil TNI dari Koramil beserta unsur mengenai lainnya.

"Patroli campuran di perbatasan wilayah Jagoi Babang ini merupakan aktivitas untuk meminimalisir kejahatan lintas negara, selain itu juga demi menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas)," ujar Letkol Hudallah.

Dia menambahkan, tindakan antisipasi mengenai pencegahan lampau lintas komoditas pertanian ilegal. Selain itu juga untuk mencegah penyelundupan narkotika, penyaluran PMI terlarangan dan meminimalisir masuknya barang-barang terlarangan salah satunya mencegah masuknya penyakit alias (benih)penyakit tanaman melalui hewan alias tumbuhan nan masuk tidak resmi dari negara tetangga.

Menurutnya, dengan sinergi nan solid antara Satgas Pamtas Yonif 645/Gty dan lembaga di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Jagoi Babang dan TNI-Polri di perbatasan Indonesia-Malaysia, dapat memaksimalkan penyelenggaraan tugas di lapangan mengenai pengamanan wilayah perbatasan.

Patroli dilakukan dengan penelusuran sasaran wilayah titik nol portal PLBN Jagoi Babang perbatasan RI-Malaysia dan area Tanah Merah PDAM Jagoi Babang. Hal itu dilakukan untuk pengamanan dalam menjaga perbatasan dari penyelundupan narkotika dan lampau lintas media pembawa HPHK/ OPTK secara ilegal.

Selama patroli berjalan pada Jumat kemarin, tim tidak menemukan adanya aktivitas ilegal, termasuk lampau lintas komoditas pertanian secara ilegal.

"Meskipun begitu aktivitas patroli campuran ini bakal terus dilakukan secara rutin," kata Letkol Hudallah.

Berita lain dengan Judul: Polri sarankan personel Satgas Madago Raya berbagi saat hadapi masalah
Berita lain dengan Judul: Tim Satgas Damai Cartenz identifikasi keaslian video pilot Susi Air
Berita lain dengan Judul: TNI dan Tentara Malaysia karya hormat berbareng di pemisah RI-Malaysia

Nurul Hayat dan Slamet Ardiansyah

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close