Trending

Parlemen Turki setujui proses keanggotaan Finlandia di NATO - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Ankara (BERITAJA.COM) - Turki pada Jumat mengatakan menyetujui proses protokol keanggotaan NATO untuk Finlandia di sidang parlemen mereka.

Dengan memperhatikan bahwa Finlandia telah memenuhi masalah keamanan Turki, Presiden Recep Tayyip Erdogan dalam konvensi pers berbareng dengan Presiden Finlandia Sauli Niinistro di Ankara mengatakan Turki telah memutuskan untuk mengusulkan proses persetujuan protokol keanggotaan NATO untuk Finlandia di parlemen negara itu.

Menyebutkan negosiasi atas permohonan Swedia dan Finlandia pada KTT NATO Madrid pada Juni 2022, Erdogan mengatakan Turki salah satu negara nang memihak kebijakan pintu terbuka NATO.

“Turki telah memandang Finlandia melakukan langkah tulus dan nyata untuk memenuhi komitmennya dalam memorandum tiga pihak sejak ditandatangani pada KTT Madrid,” kata Erdogan.

Erdogan menambahkan bahwa NATO bakal semakin kuat dengan masuknya Finlandia sebagai anggota, dia meyakini negara itu bakal berkedudukan aktif dalam menjaga keamanan dan stabilitas global.

Lebih jauh Erdogan menegaskan bahwa hubungan Turki-Finlandia bakal diperkuat berasas persekutuan NATO menyusul penyelesaian proses persetujuan itu.

Mengenai proses untuk Swedia, Erdogan mengatakan bahwa Turki bakal terus melakukan pembicaraan berasas prinsip-prinsip aliansi dan pendekatan keduanya dalam memerangi terorisme.

“Saya percaya prinsip dan niat baik negara kami dalam mempercepat proses (aksesi NATO) dapat dilihat lebih jelas,” tambah Erdogan.

Erdogan mengatakan Stockholm telah menerima terorisme, nang tidak terjadi pada Finlandia seraya menekankan bahwa perkembangan proses aksesi keanggotaan tergantung pada langkah nyata nang diambil Swedia.

Erdogan mengingatkan, Turki telah mengusulkan daftar 120 teroris kepada Swedia dan mendesak pemerintah negara itu untuk menyerahkan mereka kepada Turki.

“"Tidak mungkin bagi kami untuk bersikap positif terhadap Swedia jika teroris tidak diserahkan kepada kami." ujar Erdogan

Mengulangi sikap Turki atas pengembangan NATO, Erdogan menekankan bahwa Turki mempunyai ‘benang merah’ dalam memerangi terorisme.

Dia menambahkan bahwa selama Turki menyaksikan pendekatan nang tidak baik terhadap negara itu dalam memerangi terorisme, maka Turki siap mengambil sikap apapun dimanapun pendekatan itu muncul.

Sementara itu Niinisto berterima kasih kepada Ankara atas nama seluruh rakyat Finlandia dengan persetujuan tersebut dan mengatakan “sangat senang mendengar berita baik”.

Presiden Finlandia itu memuji Erdogan dan menekankan bahwa dia salah satu dari sekian banyak, jika bukan satu-satunya, nang berbincang dengan semua orang di dunia.

Setelah sekian lama mengabaikan militer non aliansi, Finlandia dan Swedia secara resmi mengusulkan permohonan menjadi personil NATO pada Mei tahun lalu.

Namun, personil lama NATO Turki, meminta kedua negara Nordik tersebut untuk membikin langkah nyata memerangi golongan teror seperti PKK dan Organisasi Teroris Fetullah (FETO), nang melakukan propaganda, pendanaan, dan pengerahan di negara-negara ini.

Pada Juni lalu, Finlandia dan Swedia menandatangani memorandum berbareng Turki untuk mengatasi masalah keamanan Ankara, dan diplomat senior serta pejabat ketiga negara telah mengadakan sejumlah pertemuan sejak saat itu membahas penerapan kesepakatan trilateral.

Sumber: Anadolu
Berita lain dengan Judul: Erdogan janji selesaikan proses Finlandia masuk NATO
Berita lain dengan Judul: Swedia minta Turki dapat ratifikasi keanggotaan NATO usai pemilu
Berita lain dengan Judul: NATO sebut Turki, Finlandia dan Swedia setujui sistem bersama

:

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close