Trending

Pakar: Pengujian ke MK akan jawab isu konstitusionalitas syarat calon - Beritaja

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Semarang (BERITAJA) - Pakar kepemiluan dari Universitas Indonesia (UI) Titi Anggraini mengemukakan bahwa pengetesan ke Mahkamah Konstitusi (MK) bakalmampu menjawab rumor konstitusionalitas persyaratan pencalonan yang menjadi kontroversial lantaran adanya tafsir yang berbeda dalam operasionalisasinya.

"Padahal, sangat diperlukan kepastian norma dalam mengimplementasikan ketentuan persyaratan usia calon dalam pencalonan Pilkada Serentak 2024," kata Titi saat dihubungi dari Semarang, Selasa malam.

Dosen Hukum Tata Negara Fakultas Hukum UI ini memandang perlu putusan MK untuk mengakhiri perdebatan mengenai dengan kapan pemberlakuan syarat usia. Meskipun selama ini tidak ada masalah soal pemberlakuan syarat usia calon, baik pada pilkada maupun pemilu presiden dan wakil presiden (pilpres), yang dihitung sejak penetapan pasangan calon oleh KPU.

Namun, lanjut Titi, perihal itu menjadi spekulasi, khususnya pasca-Putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 23 P/HUM/2024 yang menafsirkan berbeda  apalagi putusan tersebut terbit ketika tahapan pencalonan sudah berjalan memasuki fase krusial verifikasi manajemen bakal pasangan calon perseorangan.

Perdebatan soal syarat usia ini, menurut dia, sejatinya merupakan substansi undang-undang yang lebih tepat diselesaikan oleh MK untuk menjawab rumor konstitusionalitasnya.

Dengan demikian, kata Titi, kepastian norma pencalonan pilkadamampu lebih terjamin dan dapat menjadi pedoman semua pihak sebagai prosedur yang mesti diikuti dalam mengukur keberlakuan syarat usia calon pada pilkada.

Karena perkara ini sangat dibutuhkan untuk kepastian norma pencalonan pilkada 2024, MK perlu memeriksa perkara sebagai prioritas yangmampu diputus sebelum pendaftaran calon pilkada serentak pendaftaran pasangan calon pada tanggal 27—29 Agustus 2024.

"Selama ini MK sudah terbiasa memutus sigap andaikan substansi perkaranya sudah jelas dan aspek konstitusionalitasnya juga pasti," kata personil Dewan Pembina Perludem ini.


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close