Trending

Otorita IKN mengajak masyarakat untuk memilih logo baru IKN - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono berambisi dan membujuk seluruh lapisan masyarakat dapat berperan-serta dalam memilih logo baru IKN.

"Ibu Kota Nusantara adalah milik dan kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia dan dibangun untuk kemajuan bangsa Indonesia," kata Bambang dalam aktivitas Kick Off Voting Logo IKN di Jakarta, Selasa.

Untuk itu, dirinya membujuk seluruh personil masyarakat Indonesia untuk terlibat berkontribusi kepada Ibu Kota negara baru ini dengan langkah memilih logo nang paling sesuai untuk Ibu Kota Nusantara,.

Pemerintah membujuk seluruh rakyat Indonesia berperan-serta untuk memilih logo kota Nusantara sebagai Ibu Kota Negara Indonesia nang baru.

Pemilihan logo Ibu Kota Nusantara diselenggarakan secara terbuka agar rakyat Indonesia dapat terlibat langsung dalam proses pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Dalam sayembara pembuatan kreasi logo baru ini Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bekerja sama dengan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Pada tahap pertama masuk sekitar 500 desainer dari seluruh Indonesia nang berperan-serta dalam arena ini.

Dari sekitar 500 desainer nang berminat, para mahir nang tergabung datam kepengurusan ADGI kemudian memilih 10 desainer nang menjadi finalis dan berkuasa membikin kreasi logo baru Ibu Kota Nusantara.

Seleksi tahap awal adalah dengan langkah open call ke seluruh member ADGI kemudian dikurasi lewat portofolio nang mereka ajukan.

 Tentunya dengan kriteria nang wajib, antara lain berprofesi sebagai desainer skematis ahli minimal 10 tahun dan berilmu dalam mengerjakan proyek identitas visual.

Melalui penyaringan berasas syarat-syarat di atas oleh para majelis kurator ADGI maka terpilihlah 10 desainer finalis.

Selanjutnya 10 karya logo finalis tersebut diajukan oleh OIKN kepada Presiden RI untuk dipilih 5 logo nang diumumkan ke masyarakat.

Setelah diumumkan secara terbuka, masyarakat kemudian dilibatkan untuk memilih kreasi logo mana nang bakal menjadi logo terbaik.

Logo dengan jumlah pemilih terbanyak bakal ditetapkan sebagai logo resmi Ibu Kota Nusantara.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan bahwa BNI bangga dapat memberikan support pada aktivitas pemilihan logo Ibu Kota Nusantara dan menjadi bagian dari sejpetunjuk bangsa.

"Dukungan BNI pada aktivitas pemilihan logo ini adalah salah satu corak komitmen kami dalam berkontribusi di proyek pemindahan Ibu Kota demi mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia secara merata,” kata Royke.

Sementara itu, Ketua Umum ADGI Ritchie Ned Hansel mengatakan cukup terkejut dengan antusias dari para desainer untuk berperan-serta dalam sayembara pembuatan logo Ibu Kota Nusantara ini.

Masyarakat dapat memilih logo tersebut melalui tautan www.ikn.go.id/pilihlogonusantara, mulai 4 April hingga 20 Mei 2023.

Rencananya logo pilihan rakyat Indonesia terbanyak bakal diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada akhir Mei 2023 di Ibu Kota Nusantara.

Desainer nang karya logonya terpilih dengan Suara terbanyak dan ditetapkan sebagai logo resmi Ibu Kota Nusantara bakal mendapatkan bingkisan sebesar 185 Juta Rupiah.

Adapun 10 pemilih dari masyarakat nang beruntung juga bakal diberikan bingkisan berupa motor listrik nang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Berita lain dengan Judul: KSP: Pembangunan IKN tahap persiapan sesuai perencanaan

Berita lain dengan Judul: Kemenkeu ungkap PUPR ajukan tambahan anggaran IKN hingga Rp8 triliun


 



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close