Trending

Orang utan masuk ke permukiman warga di Palangka Raya - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Palangka Raya (BERITAJA.COM) - Satu orang utan masuk ke lingkungan permukiman penduduk di area Jalan Victoria, Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa.

Menurut Sakini, penduduk nang tinggal di lingkungan permukiman itu, orang utan masuk ke lingkungan permukiman pada pagi hari.

"Awalnya orang utan berada di belakang rumah saya, kemudian orang utan tersebut memanjat pohon untuk mencari makan. Bahkan buah rambutan milik kami juga lenyap dimakannya," kata dia.

Karena cemas orang utan itu bisa membahayakan keselamatan warga, Sukini melapor ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah.

"Kami tetap menunggu petugas datang untuk mengevakuasi," katanya.

Polisi rimba dari BKSDA Kalimantan Tengah, Perdi, mengatakan bahwa petugas untuk sementara bakal memantau pergerakan orang utan tersebut.

"Untuk sementara kami bakal terus melakukan pemantauan dengan menempatkan petugas untuk berhati-hati di lokasi," katanya usai memantau orang utan yang masuk ke permukiman penduduk di Kelurahan Bukit Tunggal.

Apabila memungkinkan, dia mengatakan, petugas bakal menggiring orang utan tersebut ke Taman Nasional Sabangau, nang jaraknya kurang lebih enam kilometer dari permukiman warga.

Dia mengatakan bahwa menjelang sore biasanya orang utan pergi ke rimba untuk mengumpulkan cabang dan membikin tempat tidur.

"Ketika menjelang sore hari orangutan bakal pergi ke rimba untuk mencari kayu alias cabang dan membikin tempat tidur," katanya.

Perdi menyampaikan bahwa orang utan jantan nang masuk ke permukiman penduduk beratnya diperkirakan 65 hingga 70 kilogram.

Dia menduga orang utan itu masuk ke permukiman penduduk lantaran tersesat.

"Kalau mencari makan ke permukiman penduduk itu kemungkinan kecil, lantaran di Taman Nasional Sabangau itu sumber makanannya tidak bakal kurang. Jadi kemungkinan satwa ini tersesat masuk ke permukiman warga," demikian Perdi.

Berita lain dengan Judul:
BKSDA SKW Pangkalan Bun pemindahan dua orang utan dari permukiman
Otorita IKN kembangkan pusat suaka orang utan di Kalimantan Timur

 

Adi Wibowo
Maryati
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close