Trending

Operasi modifikasi cuaca di Sumsel untuk cegah karhutla - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
"Kami harapkan dengan metode OMC ini dapat menurunkan hujan buatan di wilayah Sumsel terutama yang rawan karhutla, "

Palembang (BERITAJA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Selatan menyebut aktivitas operasi modifikasi cuaca (OMC) di wilayah itu dilaksanakan sebagai upaya mencegah kebakaran rimba dan lahan (karhutla).

Kabid Penanganan Darurat BPBD Sumsel Sudirman di Palembang, Kamis mengatakan pelaksana OMC itu adalah Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) bersinergi dengan BPBD Sumsel, BMKG, serta Lanud Sri Mulyono Herlambang.

Ia menjelaskan dalam penyelenggaraan OMC itu menggunakan pesawat milik TNI AU ialah Casa-212 Reg A-2104 yang bakal menaburkan garam di awan-awan yang berpotensi hujan untuk meningkatkan intensitas hujan.

"Kami harapkan dengan metode OMC ini dapat menurunkan hujan buatan di wilayah Sumsel terutama yang rawan karhutla, " jelasnya.

Menurutnya, OMC juga merupakan langkah strategis dalam upaya mitigasi dan penanggulangan bencana, khususnya terhadap potensi karhutla.

"Dengan adanya aktivitas OMC ini karhutla di Sumsel dapat diminimalisir, sehingga tercipta lingkungan yang lebih kondusif dan kondusif bagi masyarakat," ujarnya.

Sudirman mengatakan pentingnya sinergi antara beragam pihak dalam penyelenggaraan OMC dalam penanggulangan karhutla.

"Kerjasama yang baik antara beragam lembaga dan sektor swasta sangat diperlukan untuk memastikan keberhasilan operasi ini dalam mengurangi potensi bencana," kata dia.

Sementara itu, Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) Wilayah Sumatera Ferdian Kristianto menambahkan dalam penyelenggaraan OMC, penyemaian NaCl dilakukan sebanyak 800 kilogram dari ketinggian 9-10 ribu kaki.

"Untuk penyelenggaraan OMC ini dilakukan di Kabupaten Banyuasin dan Ogan Komering Ilir (OKI)," kata dia.
Baca juga: Airlangga pimpin apel kesiapsiagaan karhutla di Sumsel pada 19 Juli
Baca juga: BPPIKHL lakukan penyekatan di letak karhutla di Sungai Rengit
Baca juga: BPBD Sumsel butuh delapan helikopter untuk antisipasi karhutla


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close