Trends

OJK Sultra terima 788 pengaduan konsumen periode Januari-Oktober 2023 - Beritaja

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
beritaja.com

Untuk masalah perbankan yang diadukan mengenai dengan sistem jasa info finansial (SLIK), .....

Kendari (BERITAJA.COM) - Otoritas Jasa Keuangan alias OJK Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima sebanyak 788 pengaduan konsumen periode 1 Januari hingga 31 Oktober 2023.

Kepala OJK Sultra Arjaya Dwi Raya saat ditemui di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa ratusan pengaduan tersebut terdiri dari lima laporan pengaduan, ialah mengenai perbankan sebanyak 383, industri finansial non-bank (IKNB) asuransi 25 pengaduan, IKNB pembiayaan 189, pasar modal satu pengaduan, dan mengenai financial technology (Fintech) alias teknologi finansial sebanyak 190 pengaduan.

"Untuk masalah perbankan yang diadukan mengenai dengan sistem jasa info finansial (SLIK), penipuan, perilaku petugas penagihan, restrukturisasi pembiayaan alias peminjaman, serta legalitas lembaga jasa finansial (LJK) dan produk," kata Arjaya.

Baca juga: OJK Sulselbar kuatkan pengawasan cegah praktik investasi bodong

Untuk IKNB Asuransi, lanjut Arjaya, pengaduan yang diterima mengenai dengan kesulitan klaim, produk alias jasa yang tidak sesuai saat penawaran, persoalan premi, persoalan polis, serta juga legalitas LJK dan produk asuransi tersebut.

"Kalau untuk IKNB pembiayaan, aduannya mengenai dengan sistem jasa info keuangan, perilaku petugas penagihan, restrukturisasi pembiayaan alias pinjaman, penipuan, serta legalitas LJK dan produk," ujar Arjaya.

Arjaya juga menyebut bahwa kedua pengaduan terbanyak setelah pengaduan perbankan, ialah pada Fintech. Pengaduan tersebut mengenai dengan perilaku petugas penagihan, legalitas LJK dan produk, restrukturisasi pembiayaan alias pinjaman, sistem jasa info keuangan, persoalan bunga, denda, dan penalti.

"Untuk pengaduan pasal modal mengenai dengan pencairan biaya saja," jelas Arjaya.

Baca juga: Ekonom minta masyarakat waspadai pinjol terlarangan jelang natal-tahun baru

Selain itu, Arjaya juga membeberkan bahwa pihaknya telah melayani masyarakat mengenai dengan permintaan SLIK sepanjang Januari hingga Oktober 2023 sebanyak 5.969 orang, dengan permintaan langsung di Kantor OJK sebanyak 3.098 dan untuk permintaan online sebanyak 2.871 permintaan.

"Saat ini untuk jumlah jasa konsumen OJK Sultra sebanyak 6.757 jasa konsumen, terdiri dari 788 pengaduan dan jasa permintaan SLIK sebanyak 5.969," ungkap Arjaya

La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Mahfud
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close