OJK beri sanksi AP dan KAP terkait WAL yang sedang jalani likuidasi - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Sanksi dikenakan setelah dilakukan pemeriksaan terhadap AP dan KAP nan memberikan jasa audit atas laporan finansial WAL

Jakarta (BERITAJA.COM) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan hukuman berupa Surat Keputusan Pembatalan Surat Tanda Terdaftar di OJK kepada Akuntan Publik (AP) atas nama Nunu Nurdiyaman dan Jenly Hendrawan serta kepada Kantor Akuntan Publik (KAP) Kosasih, Nurdiyaman, Mulyadi Tjahjo & Rekan (KNMT).

Sanksi tersebut ditetapkan masing-masing melalui Surat Keputusan Dewan Komisioner Nomor KEP-5/NB.1/2023, KEP-3/NB.1/2023 dan KEP-4/NB.1/2023 tanggal 24 Februari 2023.

“Sanksi tersebut dikenakan setelah dilakukan pemeriksaan terhadap AP dan KAP nan memberikan jasa audit atas Laporan Keuangan Tahunan PT Asuransi Adisarana Wanaartha (WAL) dari tahun 2014 sampai dengan 2019,” kata Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK Aman Santosa dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Sanksi Pembatalan Surat Tanda Terdaftar di OJK dikenakan kepada AP atas nama Nunu Nurdiyaman dan KAP KNMT lantaran dinilai telah melakukan pelanggaran berat sebagaimana dimaksud Pasal 39 huruf b POJK Nomor 13/POJK.03/2017 tentang Penggunaan Jasa AP dan KAP dalam Kegiatan Jasa Keuangan (POJK 13 Tahun 2017).

Berita lain dengan Judul: OJK: Rakyat perlu tingkatkan literasi digital hindari serangan siber

Berita lain dengan Judul: OJK gelar edukasi finansial untuk pelaku upaya mikro

Sementara Jenly Hendrawan dinilai tidak mempunyai kompetensi dan pengetahuan nan dibutuhkan sebagai syarat untuk menjadi AP nan memberikan jasa di Sektor Jasa Keuangan sebagaimana dimaksud Pasal 3 POJK 13 Tahun 2017 lantaran turut menjadi pihak nan menyebabkan terjadinya pelanggaran nan dilakukan oleh AP Nunu Nurdiyaman.

Berdasarkan surat keputusan tersebut di atas, AP Nunu Nurdiyaman tidak diperkenankan memberikan jasa pada Sektor Jasa Keuangan sejak 28 Februari 2023 dan Jenly Hendrawan tidak diperkenankan memberikan jasa pada Sektor Jasa Keuangan sejak 24 Februari 2023.

Sementara itu, KAP KNMT tidak diperkenankan menerima penugasan baru sejak ditetapkannya surat keputusan dan wajib menyelesaikan perjanjian penugasan audit atas Laporan Keuangan Tahunan Tahun 2022 nan telah diterima sebelum ditetapkannya keputusan, paling lama 31 Mei 2023.

Berdasarkan pemeriksaan, AP dan KAP di atas tidak dapat menemukan adanya indikasi manipulasi laporan finansial terutama tidak melaporkan peningkatan produksi dari produk asuransi sejenis saving plan nan berisiko tinggi nan dilakukan oleh pemegang saham, Direksi, dan Dewan Komisaris.

“Hal ini membikin seolah-olah kondisi finansial dan tingkat kesehatan WAL tetap memenuhi tingkat kesehatan nan berlaku, sehingga pemegang polis tetap membeli produk WAL nan menjanjikan return nan cukup tinggi tanpa memperhatikan tingkat risikonya,” imbuhnya.

Pada akhirnya, Pemegang saham, Direksi dan Dewan Komisaris tidak dapat mengatasi penyebab hukuman nan dikenakan, sehingga OJK mencabut izin usahanya pada 5 Desember 2022. Selanjutnya, Rapat Umum Pemegang Saham telah membubarkan WAL dan membentuk Tim Likuidasi.

Pada saat proses likuidasi berlangsung, beberapa Pemegang Polis mengusulkan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Terkait dengan pengajuan PKPU tersebut, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dalam amar putusan terhadap perkara nomor 21/pdt.sus/PKPU/2023/PN.Niaga.Jkt.Pst telah menolak permohonan gugatan PKPU untuk seluruhnya.

“OJK mengawasi proses likuidasi nan sedang berlangsung. Sampai saat ini, Tim likuidasi melaporkan telah menerima tagihan dari 7.026 pemegang polis (14.750 polis), 4 kreditur, dan 41 karyawan. Tim Likuidasi juga melaporkan terus melakukan penelusuran aset-aset WAL,” katanya.

Berita lain dengan Judul: OJK: Pembentukan tim likuidasi WanaArtha Life telah sesuai ketentuan

Berita lain dengan Judul: OJK minta Asuransi Jiwa Kresna sampaikan rencana penyehatan keuangan



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close