Trending

OIKN dan Kementerian PUPR menyiapkan infrastruktur mitigasi banjir - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

OIKN telah mengidentifikasi penyebab banjir di Kelurahan Sepaku, di wilayah Nusantara....

Jakarta (BERITAJA.COM) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan prasarana mitigasi banjir di area sekitar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"OIKN telah melakukan beragam upaya untuk memitigasi banjir, di antaranya dengan membangun bendung, embung, dan retensi kolam-kolam nang dilakukan oleh Kementerian PUPR nang saat ini tetap berjalan. Selain itu, juga dilakukan pembangunan prasarana pengendali banjir di Daerah Aliran Sungai (DAS) dan penyusunan Rencana Pengelolaan DAS terpadu di IKN dan rehabilitasi rimba dan lahan oleh BPDAS Mahakam Berau,” kata Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Jaka Santos mengatakan, sebelumnya Otorita IKN juga telah mengidentifikasi adanya potensi banjir di beberapa area di Kelurahan Sepaku, lantaran letak banjir di wilayah tersebut adalah wilayah dataran rendah nang sudah sering terjadi banjir sebelumnya.

Oleh karenanya, OIKN berbareng dengan pemangku kepentingan lainnya sedang membangun prasarana untuk mengatasi banjir di area sekitar IKN, khususnya Kelurahan Sepaku.

OIKN telah mengidentifikasi penyebab banjir di Kelurahan Sepaku, di wilayah Nusantara, Kalimantan Timur pada 17 Maret lalu.

Penyebabnya adalah hujan nang terjadi di bagian hulu dan adanya gorong-gorong nang tidak optimal, sehingga meningkatnya aliran permukaan, lampau ada aspek erosi, kemudian sedimentasi dan pendangkalan sungai.

Jaka Santos memastikan bahwa penanganan banjir di Kelurahan Sepaku telah sukses dilakukan dengan baik berkah kerja sama seluruh pemangku kepentingan, seperti BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara, TNI, polsek, kecamatan, kelurahan, Kementerian PUPR, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), dan lainnya.

”Air sudah surut sejak tanggal 18 Maret pagi,” ujarnya pula.

OIKN telah melakukan pertemuan-pertemuan dengan para pihak terkait, dan tanggal 20 Maret bakal dilakukan rapat koordinasi dengan seluruh pihak untuk membahas rencana penanganan jangka pendek tiga bulan ke depan, menengah sedang, akhir tahun dan jangka panjang dalam pencegahan dan penanggulangan banjir.

”OIKN bakal terus berkomitmen dalam memperhatikan akibat dan penanggulangan musibah termasuk banjir di wilayah-wilayah nang terkena, termasuk di Kelurahan Sepaku. Semua upaya bakal terus dilakukan untuk meminimalisir akibat musibah nang terjadi dan menjaga keselamatan masyarakat,” kata Jaka Santos.
Berita lain dengan Judul: Pemerintah kreasi IKN terhindar banjir selama 100 tahun
Berita lain dengan Judul: Menteri PUPR ungkap strategi pembangunan mitigasi banjir longsor IKN


Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close