Museum Kayuh Baimbai jadi tempat edukasi 5 abad Kota Banjarmasin - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Banjarmasin (BERITAJA.COM) -

Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, H Ibnu Sina menyatakan, Museum Kayuh Baimbai nan baru diresmikannya hari ini di Jalan Teluk Kelayan, Banjarmasin  Selatan, jadi tempat edukasi 5 abad berdirinya Kota Banjarmasin.

Menurutnya, Kota Banjarmasin nan didirikan pada 24 September 1526 pada saat berdirinya kesultanan Banjar sudah nyaris memasuki 5 abad, alias tepatnya tahun 2026, sehingga kudu ada tempat unik menyimpan sejpetunjuk itu.

"Hari ini sudah kita resmikan tempat unik itu, namanya Museum Kayuh Baimbai Kota Banjarmasin nan berisikan tentang sejpetunjuk kota," ujar Ibnu Sina di Banjarmasin, Rabu.

Dia berambisi museum tersebut menjadi sarana edukasi bagi masyarakat dan warisan untuk anak cucu tentang usia Banjarmasin nan tidak lama lagi mencapai 5 abad.

Karena koleksi benda-benda berhistoris belum banyak, Ibnu Sina pun menyampaikan kepada masyarakat nan mau menitipkan benda-benda pusaka nan berbobot sejpetunjuk kota ini, bisa ditempatkan di Museum Kayuh Baimbai Kota Banjarmasin tersebut.

"Tentunya kelak kita bakal dikurasi oleh tim, jika memang punya sejpetunjuk kita bakal tempatkan di sini. Nah kami juga bakal lengkapi di sini dengan sarana tv untuk menyaksikan tayangan-tayangan sejpetunjuk Banjarmasin," ujarnya.

Pemkot Banjarmasin membangun Museum Kayuh Baimbai dari sebuah rumah antik unik Banjar nan dibeli dari mahir warisnya, berada di letak Siring Sungai Martapura Muara Kelayan, Banjarmasin Selatan.

Pemkot Banjarmasin merenovasi gedung tersebut dengan anggaran sekitar Rp3,8 miliar menggunakan APBD tahun 2022.

Untuk museum nan dimiliki Pemkot Banjarmasin memang baru satu ini, namun keberadaan museum di kota berjuluk Kota Seribu Sungai tersebut ada satu lagi milik Pemprov Kalsel berjulukan Museum Waja Sampai Kaputing (Wasaka) dengan koleksi 500 barang berhistoris perjuangan rakyat Kalsel.

Museum ini berdiri di Kampung Kenanga RT 14, Gang H Andir, Jalan Sultan Adam, Sungai Jingah di Banjarmasin Utara.





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close