Trends

MPR dukung pemerintah libatkan perempuan dalam sektor perekonomian - Beritaja

Sedang Trending 2 hari yang lalu
beritaja.com
Discover Millions of Products
Perempuan memerlukan dorongan untuk mengatasi halangan struktural dan teknis di sektor ekonomi supayamampu berkedudukan lebih luas di beragam bagian kehidupan

Jakarta (BERITAJA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendukung upaya pemerintah pelaksana dalam mendorong potensi wanita agar dapat berbincang banyak dalam pertumbuhan perekonomian.

Hal tersebut mesti dilakukan agar wanita mempunyai kewenangan untuk berkedudukan dalam roda perekonomian dengan langkah membangun upaya alias lapangan pekerjaan.

"Perempuan memerlukan dorongan untuk mengatasi halangan struktural dan teknis di sektor ekonomi supayamampu berkedudukan lebih luas di beragam bagian kehidupan," kata Lestari dalam siaran pers yang diterima BERITAJA, Kamis.

Dukungan dari pelaksana menurut Lestari sudah terlihat dari upaya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak meningkatkan peran wanita dalam bagian ekonomi dengan langkah-langkah konkret.

Langkah konkret yang dijalankan pihak kementerian seperti membuka akses training teknis, finansial, pasar, dan digital literasi bagi perempuan.

Lestari menilai langkah tersebut mesti didukung lantaran 64,5% pelaku upaya mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia dimiliki dan dikelola oleh perempuan.

Baca juga: Menkeu: Keluargamampu tingkatkan kontribusi wanita terhadap ekonomi

Baca juga: Airlangga: wanita jadi tokoh krusial penopang ekonomi nasional

Baca juga: Riset Danareksa: Peran wanita dalam perekonomian terus meningkat

Dengan training tersebut, Lestari percaya wanita dapat mengembangkan upaya yang dikelola sehingga roda perekonomian di tengah masyarakat punmampu berjalan.

Namun, menurut Lestari perihal tersebut belum lah cukup. Dia menilai langkah konkret pemerintah itu mesti terus diperluas cakupan-nya sehingga seluruh wanita di Indonesiamampu mendapatkan kewenangan tersebut.

"Aktivitas UMKM yang dikelola wanita ikut meningkatkan kemandirian wanita untuk kemudianmampu ikut berkontribusi pada beragam proses pembangunan nasional," kata dia dalam siaran pers tersebut.

Selain soal peran wanita di bumi usaha, Lestari juga berambisi pemerintah meletakkan perhatian kepada peningkatan kesejahteraan ibu dan anak.

Dengan demikian, Lestari percaya para wanita di Indonesia bakal mempunyai kewenangan yang sama dalam memajukan perekonomian bangsa.


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close