Trending

Moeldoko ajak "stakeholder" kembangkan talenta digital Indonesia - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Kepala Staf Presiden Moeldoko membujuk seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah maupun swasta untuk bersama-sama mengembangkan talenta digital di Indonesia.

“Bakat digital Indonesia mempunyai kesempatan untuk bersaing di kancah dunia jika kita membiarkan mereka dilatih dan dipersiapkan dengan baik. Harapan saya aktivitas ini dapat menginspirasi seluruh stakeholders dalam mengembangkan talenta digital,” kata Moeldoko saat memberikan sambutan secara daring pada aktivitas seremoni Huawei ICT Competition Asia Pasifik di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, pengembangan talenta digital selaras dengan pengpetunjukan Presiden Joko Widodo untuk memprioritaskan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia, khususnya dalam bagian teknologi digital.

Pemerintah menargetkan pada tahun 2030 dapat memenuhi kebutuhan sebanyak 9 juta talenta-talenta digital dari dalam negeri.

Berita lain dengan Judul: Huawei ICT Competition Asia Pasifik untuk tingkatkan talenta digital

Oleh lantaran itu, pemerintah terbuka pada upaya-upaya nang dilakukan sektor swasta untuk meningkatkan daya saing anak-anak muda di bagian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Target itu sangat besar sehingga kita perlu memberikan perhatian kepada talenta digital agar berkekuatan saing di tingkat global,” ujarnya.

Moeldoko juga memberikan penghargaan kepada penyedia TIK dunia Huawei nang telah menyelenggarakan kejuaraan Information and Communication Technology (ICT) Asia Pasifik, di mana aktivitas tersebut turut berkontribusi membangun ekosistem digital dan memotivasi talenta digital di Indonesia.

“Kompetisi ICT Huawei juga bisa menjadi platform nang efektif dalam mengintai dan mengembangkan talenta digital terbaik,” katanya.

Berita lain dengan Judul: Huawei ICT Competition lahirkan SDM digital berkekuatan saing global

Pada kesempatan nang sama, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Nizam mengatakan, kejuaraan ICT Huawei dapat menjadi salah satu tolok ukur tingkat daya saing dunia talenta digital.

Ia berambisi para siswa dapat menggunakan kesempatan ini untuk membandingkan pengetahuan TIK dan memperluas perspektif mereka.

“Kompetisi ini juga bakal memberikan umpan kembali nang diperlukan bagi kami sehingga kami dapat terus meningkatkan efektivitas dan efisiensi kami dalam budidaya talenta digital,” katanya.

Nizam menambahkan, transformasi teknologi menyiratkan peningkatan kapabilitas manusia Indonesia untuk memanfaatkan kemajuan pengetahuan pengetahuan dan teknologi.

Menurut dia, perihal tersebut lebih dari sekadar pengguna dan perlu menjadi bagian dari pembuatan teknologi itu sendiri.

Berita lain dengan Judul: Menkominfo: Ekosistem digital Indonesia kudu inklusif

Adimas Raditya Fahky P

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close