Trends

Menteri BUMN: Presiden RI instruksikan sinkronisasi tata ruang bersama - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan pemerintah wilayah dan pemerintah pusat untuk mensinkronisasikan tata ruang berbareng pasca kebakaran pipa Terminal BBM (TBBM) Plumpang Pertamina.

"Saya rasa bapak Presiden RI sudah menginstruksikan bahwa gimana pemerintah daerah, kami dari pemerintah pusat apakah Kementerian BUMN ataupun Polri untuk mensinkronisasikan tata ruang bersama," ujar Erick dalam konvensi pers di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta, Sabtu.

Erick mengatakan, jika memandang kondisi objek vital nasional saat ini rata-rata area penyangganya (buffer zone) sangat tipis alias berdekatan dengan permukiman warga.

"Kalau kita memandang area penyangga Pertamina pada tahun 1971 sampai dengan tahun 1987 dalam kondisi sangat aman. Namun, setelah Reformasi 1998 memang jika kita memandang banyaknya kehilangan lahan (zona penyangga). Dan ini konteksnya bukan hanya terjadi di Plumpang, namun terjadi di objek-objek vital nasional lainnya," katanya.

Karena itu pada dua tahun lalu, dirinya sudah berbincang kepada Pertamina, Mind ID, PLN, dan Pupuk Indonesia untuk mulai menzonakan agar perihal ini bisa kondisi area penyangga di sekitar objek vital nasional bisa kembali seperti dulu.

Kalau tidak memungkinkan maka bakal dilakukan relokasi, seperti nan didorong pada dua tahun lampau untuk memindahkan Terminal BBM Plumpang ke Pelindo.

"Saya bakal cek ulang, tetapi tidak mungkin konteks zonasi ini kita kerjakan sendiri lantaran perlu support dari pemerintah daerah. Ini nan saya rasa bapak Presiden RI mau memastikan juga beberapa hari ke depan bisa terjadi kesepakatan alias rencana jangka menengah alias panjang," kata Erick.

Sebelumnya, Erick Thohir bakal menata ulang letak zonasi di sejumlah objek vital nasional (obvitnas) nan dikelola BUMN.

Dia menyampaikan penataan ulang obvitnas kudu dilakukan secara tepat agar tidak menimbulkan akibat negatif bagi masyarakat sekitar.

Erick menyampaikan penataan ulang batas obvitnas dengan permukiman menjadi sebuah keharusan agar kejadian terbakarnya Terminal BBM Plumpang tidak terulang kembali.

Wakil Presiden KH Maruf Amin, menurut Erick, juga telah mengpetunjukkan agar Pertamina segera mencari solusi terhadap permukiman masyarakat nan berada di area sekitar TBBM maupun kilang.

Berita lain dengan Judul: Menteri BUMN Erick Thohir tata ulang Depo Pertamina Plumpang
Berita lain dengan Judul: Erick pastikan investigasi kebakaran TBBM Plumpang melangkah optimal
Berita lain dengan Judul: Erick pastikan kejadian Plumpang tak usik pasokan BBM dan listrik

 



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close