Trends

Menparekraf apresiasi Kampus Bambu Komodo untuk ekraf berkelanjutan - Beritaja

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
beritaja.com

Kupang (BERITAJA.COM) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberikan penghargaan ke Kampus Bambu Komodo yang telah mengolah bambu menjadi produk ekonomi imajinatif (ekraf) berkepanjangan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Ini bagian dari masa depan eco-lodge, apalagi karya anak bangsa yang menghadirkan program berkelanjutan," kata Sandiaga dalam keterangan resmi yang diterima di Kupang, Rabu.

Sandiaga melakukan kunjungan ke Kampus Bambu Komodo, Selasa, dan memandang langsung kerjasama berbareng antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta lembaga non pemerintah dalam mendukung pengembangan ekraf di Labuan Bajo.

Menurut dia, Kampus Bambu Komodo telah menghasilkan banyak produk olahan bambu, diantaranya bambu laminasi, sepeda bambu, anyaman bambu, kerajinan bambu, furnitur bambu, pellet bambu, dan biomassa.

Baca juga: Menparekraf sebut BPOLBF terbuka untuk koordinasi semua pihak

Kampus Bambu Komodo juga telah memberdayakan wanita khususnya ibu-ibu di Flores dalam perihal pembuatan produk-produk tersebut.

Selain itu, tempat itu juga menjadi pusat pembelajaran dan akomodasi publik bagi masyarakat yang mau belajar tentang bambu.

Pembelajaran yang diperoleh antara lain pembibitan bambu, penanaman, panen, hingga pengolahan menjadi produk yang berbobot tinggi dan inovatif.

Sandiaga pun berambisi kehadiran kampus itu dapat menjadi contoh bagi para pelaku ekraf lain untuk menghadirkan akomodasi yang ramah lingkungan.

"Jadi bukan hanya menciptakan lapangan kerja tapi mewadahi ekonomi rakyat dan peningkatan pendapatan masyarakat," ucapnya.

Adapun kunjungan Sandiaga ke Labuan Bajo berangkaian dengan Rapat Koordinasi Nasional Pengembangan 5 DPSP di Golo Mori, Labuan Bajo, 6-7 Desember 2023.

Baca juga: Pergerakan orang pada libur Natal dan Tahun Baru capai 200-250 juta

Fransiska Mariana Nuka
Editor: Mahfud Harry
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close