Trending

Menjelang Ramadhan harga kebutuhan pokok di Kotabaru semakin mahal - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Batulicin (BERITAJA.COM) - Menjelang Bulan Ramadhan 1444 Hijriah nilai kebutuhan pokok di pasar tradisional Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, semakin mahal.

"Hal itu terjadi sejak beberapa minggu nan lalu, apalagi ada beberapa komoditi harganya naik hingga 23 persen," kata salah satu penduduk Desa Baharu Utara Susanty, di Batulicin Ahad.

Dia mengatakan, nilai cabe rawit nan awalnya Rp65.000/kg naik Rp15.000 menjadi Rp80.000/kg, bawang merah naik Rp8.000/kg dari Rp28.000 menjadi Rp36.000/kg.

Minyak goreng, bawang putih, telur, gula pasir, tepung terigu, beras, dan susu juga mengalami kenaikan nilai namun tidak signifikan.

Begitu juga dengan nilai sayuran seperti tomat, wortel, kentang, buncis, dan kacang rata-rata harganya naik hingga Rp2.000-Rp3.000/kg.

Dirinya mengaku kaget saat shopping kebutuhan dapur di Pasar Induk Kemakmuran Kotabaru bahwa semua nilai komoditi di pasar tersebut naik semua.

"Kami berambisi ada peran dari pemerintah untuk mengatasi masalah ini, apalagi menjelang puasa dan lebaran Idul Fitri. Diharapkan semua nilai komoditi bisa menurun," pintanya.

Sementara itu salah satu pedagang sayur di Pasar Induk Kemakmuran, Daryoto (55) menerangkan bahwa naiknya nilai cabe di Kotabaru disebabkan nilai dari pemasok juga naik.

"Cabai nan kami datangkan dari Pulau Sulawesi dan Surabaya harganya sudah naik, secara terpaksa kami juga ikut meningkatkan nilai saat menjual kembali agar tidak rugi," katanya.

Menurut Daryoto, naiknya nilai komoditi lainnya nan ada di pasar Kotabaru juga dipengaruhi dengan naiknya nilai BBM beberapa bulan lampau sehingga berkapak pada nilai komoditi hingga saat ini.







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close