Trending

Menhub: Dua tahapan rekonstruksi jalur KA Bogor-Sukabumi imbas longsor - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

saya sampaikan kepada Dirjen KA agar dilakukan secara perincian dengan mengutamakan keselamatan serta bekerja sama dengan KAI, pemda, masyarakat, dan pihak mengenai agar ini bisa sigap dilakukan

Jakarta (BERITAJA.COM) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan ada dua tahapan mengenai upaya rekonstruksi jalur kereta api (KA) Bogor-Sukabumi nang terakibat musibah longsor di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (14/3) lalu.

Menhub dalam keterangan nang diterima di Jakarta, Jumat mengatakan pada tahap pertama bakal dilakukan pemasangan pile, nang baru bisa dimulai setelah proses pemindahan selesai, di mana saat ini tetap terdapat dua orang korban nang tetap tertimbun longsor.

"Tahapan kedua, kami harapkan kami bisa merancang rekonstruksi. Namun, lantaran ini longsor dengan kecuraman nang sangat tinggi, maka kita butuh waktu kurang lebih 3 bulan untuk melakukan recovery alias rekonstruksi secara menyeluruh," ucap Menhub.

"Oleh karenanya, saya sampaikan kepada Dirjen KA agar dilakukan secara perincian dengan mengutamakan keselamatan serta bekerja sama dengan KAI, pemda, masyarakat, dan pihak mengenai agar ini bisa sigap dilakukan," lanjut Menhub.

Menhub pada Jumat ini, meninjau jalur kereta api lintas Bogor-Sukabumi nang terakibat musibah longsor. Dalam tinjauannya, dia mengecek upaya perbaikan dan pemulihan rel nang tengah dilakukan oleh tim campuran di lapangan.

Ia mengungkapkan perbaikan telah mulai dilakukan pada jalur rel sebelah hilir nang tidak terakibat longsor dan telah dilakukan uji coba operasional secara terbatas mulai Kamis (16/3).

Sementara, untuk jalur hulu nang terakibat longsor dengan kondisi rel menggantung sepanjang 25 meter, sampai saat ini tetap terus dilakukan upaya perbaikan oleh tim campuran dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub dan PT KAI (Persero).

"Kami sudah mulai melakukan operasional pada jalur nang baru. Namun, saya sarankan agar kita lakukan dengan hati-hati, kecepatannya dikurangi, jika perlu penumpangnya juga tidak dimaksimalkan," ujar Menhub.

Sementara untuk mempercepat proses pemindahan korban, Kemenhub turut mendukung dengan menyediakan perangkat berat.

"Kami harapkan korban nang tetap tertimbun bisa segera ditemukan. Pertama, tentunya lantaran keluarganya sudah menunggu. Kedua, Kami berupaya untuk sesegera mungkin melakukan perbaikan area rel nang terakibat longsor," katanya.

Menhub juga mengingatkan agar tidak ada lagi kediaman di area hitam di sekitar tanah curam lantaran bakal memberi tekanan tertentu pada tanah nang berpotensi longsor dan membahayakan penunggu rumah.

Selain itu, Menhub juga meminta jejeran Kemenhub melalui DJKA berbareng PT KAI untuk memperhatikan dan memberikan support kepada para korban selamat baik nang ada di rumah sakit maupun pengungsian.

Sebelumnya, berasas info PT KAI Daop 1 Jakarta, pada Kamis (16/3), dari total enam perjalanan KA hanya satu KA pertama nang dibatalkan guna melakukan uji coba melintas tanpa penumpang. Sedangkan, mulai Jumat ini seluruh perjalanan KA Pangrango tidak ada nang dibatalkan.

Berita lain dengan Judul: Menhub : Pemudik pikulan lebaran 2023 naik capai 123 juta
Berita lain dengan Judul: Badan Geologi ESDM temukan jejak longsor purba di Kota Sukabumi
Berita lain dengan Judul: Kemenhub optimalkan PNBP sektor perhubungan laut melalui penerapan AIS

 


Faisal Yunianto
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close