Trending

Mengenal futsal dan 4 posisi pemainnya - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta (BERITAJA) - Futsal adalah olahraga lapangan beregu yang serupa dengan sepak bola, apalagimampu dikatakan bahwa futsal adalah jenis "mini" dari sepak bola.

Banyak perihal dalam futsal yang didesain lebih mini dari sepak bola, antara lain jumlah personel tiap tim, besar lapangan, ukuran gawang dan bola.

Bermain futsal juga tidak kalah melelahkan dengan bermain sepak bola lantaran olahraga ini menuntut tiap pemain untuk bergerak maju dan mundur dari wilayah pertahanan sendiri ke wilayah pertahanan lawan.

Seluruh pemain pun dituntut untuk terlibat aktif dalam setiap serangan maupun pertahanan.

Kendati tiap pemain diminta untuk mempunyai keseimbangan dalam menyerang dan bertahan, permainan futsal sejatinya memiliki jenis-jenis posisi yang tidak jauh berbeda dengan skema sepak bola yakni kiper, anchor, flank, dan pivot. Berikut penjelasan masing-masing posisi tersebut:

1. Kiper (penjaga gawang)

Layaknya permainan sepak bola, kiper pada permainan futsal juga bekerja sebagai penjaga gawang yang mempunyai kewenangan untuk memegang bola pada area nya.

Seorang kiper dalam pertandingan futsalmampu ikut membantu serangan. Oleh karena itu, selain mesti mempunyai keahlian menahan bola, kiper juga dituntut untukmampu membaca situasi pertandingan dan mempunyai keahlian dalam memberikan umpan dengan baik.

2. Anchor

Posisi ini bertanggung jawab untuk memperkuat dan mengatur serangan. Anchor ibarat pemasok dobel yang bekerja layaknya bek namunmampu maju sebagai gelandang.

Seorang anchor mesti mempunyai keahlian dan keahlian yang baik dalam memegang bola lantaran mempunyai 2 tanggung jawab ialah memperkuat dan mengatur ritme serangan dari sektor belakang.

3. Flank (sayap kanan/kiri)

Posisi flank umumnya berjumlah dua orang pemain yang bekerja di sisi kiri dan kanan lapangan. Flank berkedudukan sebagai penghubung antara anchor di belakang mereka dengan pemain depan dalam tim.

Seorang flank mesti mempunyai skill drible yang baik, kecepatan, serta visi untuk meliat celah kosong di pertahanan lawan. Flank sejatinya bertugas untuk membuka ruang dalam menyerang, namun mereka jugamampu melepaskan tembakan langsung andaikan menemukan kekosongan di lini pertahanan lawan.

4. Pivot (penyerang utama)

Posisi ini berkedudukan sebagai titik konsentrasi serangan dan mencetak gol. layaknya striker dalam permainan sepak bola.

Seorang pivot harus mempunyai hatikecil menyerang yang kuat, lincah,mampu memandang kesempatan dan mempunyai skill individu yang mumpuni untuk menggocek pemain memperkuat lawan. 

Pivot juga disarankan mempunyai tingkat kecermatan tembakan yang baik untuk menuntaskan umpan dari flank atau anchor agar menjadi gol.

Baca juga: Jejak prestasi Timnas Futsal Indonesia

Baca juga: Tim futsal Indonesia ke semifinal AUG 2024 usai kalahkan Malaysia

Baca juga: Tim futsal Indonesia menang 6-1 atas Myanmar pada laga AUG 2024

Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close