Trending

Mantan Ketua KPU Kabupaten Tanjabtim dan pengacara ditahan kejaksaan - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Apabila denda tersebut tidak dibayar, diganti dengan pidana kurungan selama 2 bulan.

Jambi (BERITAJA.COM) - Mantan Ketua KPU Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim) Nurkholis dan pengacaranya, Tengku Ardiansyah, resmi ditahan oleh jaksa kejaksaan negeri setempat dalam kasus tindak pidana korupsi mantan personil KPU.

Kepala seksi Penerangan dan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Jambi Lexy Fatharani melalui keterangan resminya nan diterima di Jambi, Kamis, mengatakan bahwa tim Kejari Tanjabtim ​​mengeksekusi terhadap kedua terdakwa di kediamannya masing-masing di Kota Jambi, kemudian petugas langsung membawa mereka ke instansi kejari untuk menjalani penahanan.

Lexy Fatharani menjelaskan bahwa eksekusi terdakwa Nurkholis pada hari Rabu (8/3) pukul 19.00 WIB di Perumahan Lazio Kota Jambi. Pelaksanaan eksekusi tersebut oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungjabung Timur Yenita Sari dan Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Reynold beserta tim.

Sesuai dengan amar Putusan Nomor: 6608K/Pid.sus/2022 mengadili dan menyatakan terdakwa Nurkholis telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 4 tahun dan pidana denda sebesar Rp50 juta.

Apabila denda tidak dibayar, diganti dengan pidana kurungan selama 1 bulan. Diperintahkan dalam putusan itu terdakwa untuk ditahan.

Sementara itu, terdakwa Tengku Ardiansyah ditangkap pada hari nan sama pada pukul 20.00 WIB di Perumahan Ratu Mas Talang Bakung, Kota Jambi.

Terdakwa Tengku Ardiansyah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja merintangi investigasi terhadap para saksi dalam perkara korupsi. Majelis pengadil menjatuhkan pidana terhadap terdakwa penjara selama 3 tahun dan denda sejumlah Rp200 juta. Apabila denda tersebut tidak dibayar, diganti dengan pidana kurungan selama 2 bulan.

"Semua aktivitas tersebut melangkah dalam kondisi kondusif terkendali," kata Lexy.

Berita lain dengan Judul: Polresta Mamuju dalami dugaan korupsi di KPU Sulbar
Berita lain dengan Judul: Anggota DPR PDIP Riezky Aprilia diminta serahkan bangku ke Harun Masiku

Nanang Mairiadi

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close