Trending

Macron sebut akan ada RUU tentang eutanasia di Prancis tahun ini - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Paris (BERITAJA.COM) - Presiden Emmanuel Macron pada Senin mengatakan bahwa bakal ada rancangan undang-undang (RUU) tahun ini tentang apakah bakal ada jenis eutanasia nang diperbolehkan di negara itu.

RUU itu bakal disusun oleh golongan kerja berisi 184 penduduk negara Prancis nang telah ditunjuk secara random dan memperdebatkan persoalan itu sejak Desember lalu.

Mereka merampungkan tugas itu akhir pekan ini. Sekitar 76 persen dari para personil golongan tersebut mengatakan mereka mendukung beberapa jenis eutanasia –prosedur penghilangan nyawa nang diperbolehkan secara norma bagi mereka nang menginginkannya.

Macron tidak mengatakan apakah RUU itu mencakup prosedur bunuh diri dengan bantuan.

Konsensus krusial untuk masalah sensitif seperti ini, katanya.

Dewan master nasional Prancis, l'Ordre des medecins, mengatakan mereka menentang keterlibatan master dalam membantu pasien melakukan bunuh diri.

Beberapa negara Eropa memperbolehkan bunuh diri dengan support (assisted suicide) --tenaga medis memberikan langkah bagi seseorang untuk membunuh diri-- alias eutanasia sukarela, ialah ketika master berkedudukan aktif mengakhiri hidup seseorang atas permintaan orang nang bersangkutan. 

Bunuh diri dengan support adalah tindakan legal di Swiss sejak 1940-an. Eutanasia diizinkan di Belgia, Belanda, Luksemburg, dan Spanyol.

Tahun lalu, seorang laki-laki Italia nang lumpuh selama 12 tahun lantaran kecelakaan lampau lintas meninggal dalam kasus pertama di Italia menyangkut bunuh diri dengan bantuan. 

Praktik penghilangan nyawa itu memunculkan perdebatan panas di negara-negara lain personil Uni Eropa, termasuk Portugal. 

Sejumlah negara hanya membolehkan eutanasia pasif, ialah ketika beberapa perawatan medis dihentikan atas permintaan pasien sehingga sang pasien itu meninggal.

Sumber: Reuters

Berita lain dengan Judul: Parlemen Jerman putuskan eutanasia sebagai kejahatan

Berita lain dengan Judul: Paus peringatkan badan kebaikan Belgia untuk hentikan eutanasia

Bentrokan terjadi dalam tindakan unjuk rasa di Paris

:

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close