Trending

Luhut sebut Bulog bakal akuisisi sumber beras dari Kamboja - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
Dan sudah memang ditindaklanjuti, sekarang tinggal kita melakukan

Jakarta (BERITAJA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Perum Bulog bakal melakukan akuisisi sumber beras dari Kamboja.

"Bulog juga bakal akuisisi beberapa sumber beras di Kamboja. Presiden (Joko Widodo) tadi sudah memerintahkan saya untuk kita tindak lanjuti," kata Luhut di sela menghadiri HUT ke-52 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Jakarta, Senin.

Luhut menyampaikan bahwa akuisisi tersebut dilakukan atas perintah dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Ia menyatakan bahwa dirinya telah mendapat perintah langsung dari Kepala Negara untuk menindaklanjuti proses akuisisi tersebut.

"Dan sudah memang ditindaklanjuti, sekarang tinggal kita melakukan," ucap Luhut.

Meski begitu Luhut tidak menjelaskan secara rinci mengenai akuisisi Perum Bulog di Kamboja tersebut.

Selain Perum Bulog, Luhut juga mengatakan bahwa pemerintah juga bakal melakukan ekspansi upaya bagi unit Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain ialah PT Pertamina.

Dia menuturkan bahwa Pertamina juga bakal melakukan akuisisi perusahaan asal Brasil untuk gula dan etanol.

Ia menerangkan bahwa ekspansi upaya itu bakal merubah bahan bakar minyak (BBM) dengan bioetanol. Hal itu bakal dilakukan secara berjenjang demi menekan polusi udara di Indonesia terutama di Jakarta.

"Sehingga lantaran cuaca yang jelek ini, air pollution yang sangat tinggi di Jakarta, kita bakal tukar bensin itu dengan secara berjenjang bio etanol. Dan juga menurunkan sulfur kita dari 500 sampai 60 alias 50," tutur Luhut.

Menurut Luhut rencana pemerintah untuk mengganti BBM dengan bioetanol ditargetkanmampu tercapai dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun ke depan.

"Ini saya kira dalam tiga tahun, dua tahun ke depan kita bakalmampu capai sehingga kelak Pertamina mempunyai sumber daya dan sumber gula di Brazil. Itu bakal membikin ketahanan daya kita bagus," jelas Luhut.

Baca juga: Jokowi: Ekspansi Pertamina dan Bulog ke luar negeri demi proses bisnis
Baca juga: Bapanas lanjutkan support beras meski tak genap 12 bulan
Baca juga: Presiden sebut impor beras tak sampai 5 persen kebutuhan nasional


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close