Trending

Legislator: Revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila perlu antisipasi paham lain - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Barabai, Kalsel (BERITAJA.COM) - Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Athaillah Hasbi berpendapat, revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila perlu sebagai salah satu upaya antisipasi mengerti lain masuk ke Indonesia.

"Itulah sebabnya personil DPRD Kalsel juga bertanggung jawab moril menyosialisasikan Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila," ujar wakil rakyat nang berkawan dengan sapaan Bang Atak tersebut melalui telepon seluler, usai aktivitas itu dari Barabai, Jumat sore.

Dalam paparannya di hadapan peserta sosialisasi nang berjalan di Desa Kalibaru, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel, Bang Atak mengatakan, aktivitas nang dia laksanakan dapat menimbulkan semangat untuk merevitalisasi dan mengaktualkan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Wakil rakyat asal "Bumi Murakata"HST itu menambahkan, revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila sebagai rujukan dan inspirasi bagi upaya menjawab beragam tantangan kehidupan bangsa dalam melaksanakan pembangunan wilayah berasas Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Karenanya, menurut dia, dasar Pancasila merupakan falsafah hidup nang kudu menjadi pedoman Bangsa Indonesia dalam proses penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam  mewujudkan cita-cita  Proklamasi Kemerdekaan.

"Nilai-nilai luhur nang terkandung di dalamnya merupakan nilai-nilai luhur nang digali dari budaya bangsa dan mempunyai nilai-nilai dasar nang diakui secara universal dan tidak bakal berubah oleh perjalanan waktu," demikian Bang Atak.

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Athaillah Hasbi saat sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Desa Kalibaru (sekitar 173 kilometer utara Banjarmasin), Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Jumat (17/3/23). (BERITAJA.COM/HO-Dokumen Pribadi)

Sementara Kepala Desa (Kades) Kalibaru Kecamatan Batu Benawa Muhammad Assegaf dalam sambutannya mengpenghargaan dan berterimakasih atas kunjungan kerja serta sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) nang sekarang berubah menjadi sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila.

Ia berambisi kepada peserta sosialisasi  untuk menyimak dan memahami materi dari Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila nang personil DPRD Kalsel serta narasumber sampaikan, dan agar menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila nang berjalan 17 Maret 2023 di Desa Kalibaru (sekitar 173 kilometer utara Banjarmasin) Kecamatan Batu Benawa itu, selain Kepala Desa setempat, juga abdi negara desa & BPD, tokoh masyarakat serta PKK desa tersebut.







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close