Legislator: Pencopotan Dedi Sunardi bentuk pertanggungjawaban publik - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Hal ini sebagai corak pertanggungjawaban publik Kementerian BUMN atas kejadian terbakarnya Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) -

Anggota Komisi VI DPR RI Deddy Yevri Hanteru Sitorus menilai pencopotan Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina Dedi Sunardi oleh Menteri BUMN Erick Thohir merupakan corak pertanggungjawaban publik dari Kementerian BUMN.

"Hal ini sebagai corak pertanggungjawaban publik Kementerian BUMN atas kejadian terbakarnya Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu," kata Deddy dalam keterangan tertulis nan diterima di Jakarta, Rabu.

Ia lampau meminta Kementerian BUMN untuk memilih pejabat pengganti nan tegas, bisa bekerja-sama dan bersinergi dengan semua pemangku kepentingan, serta mempunyai keahlian komunikasi nan andal.

Hal tersebut, lanjut dia, dibutuhkan lantaran pengamanan objek vital milik Pertamina, seperti depo di Plumpang bukan hanya menjadi tanggung jawab dewan nan bersangkutan, melainkan juga korporasi secara keseluruhan berbareng Pemerintah Provinsi DKI Jakarta nan sudah sepatutnya melindungi warganya.

"Oleh lantaran itu, kami meminta agar Kementerian BUMN memilih pejabat pengganti nan mempunyai karakter nan kuat, ketegasan, bisa melakukan kerjasama dan sinergi dengan semua pemangku kepentingan, serta keahlian komunikasi nan andal," tutur dia.

Dia pun menilai pejabat pengganti Dedi Sunardi kudu mendapat support penuh dari jejeran dewan holding dan subholding Pertamina, mulai dari komisaris, subholding niaga, kilang, infrastruktur, hingga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serta lembaga penegak hukum.

Hal itu, kata dia, berbobot krusial lantaran selama satu hingga tiga bulan ke depan, kepala nan baru kudu memastikan area penyangga (buffer zone) terakibat kejadian kebakaran Depo Pertamina Plumpang tidak diduduki lagi oleh pemukiman warga.

"Direktur nan baru kudu memastikan 'buffer zone' nan terakibat kemarin tidak diduduki lagi oleh penduduk karena siapa nan bisa menjamin kejadian nan sama tidak bakal terulang lagi? Relokasi Depo TBBM Plumpang ke area reklamasi New Priok pun bakal memerlukan waktu antara 4 sampai 5 tahun sehingga aspek akibat tetap tinggi," ucap dia.

Deddy juga meminta Pertamina untuk segera membikin rencana penataan area itu serta melobi Kementerian PUPR dan Gubernur DKI Jakarta mengenai dengan relokasi pemukiman warga.

"Relokasi itu dilakukan, baik di lahan kondusif milik Pertamina maupun lahan lain nan bisa disiapkan. Tidak mungkin hanya Pertamina sendiri nan menyelesaikan masalah ini," ujarnya.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close