Trending

Lapas Banjarbaru razia gabungan bersama APH wujudkan aksi "Pemasyarakatan bersih-bersih" - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Banjarbaru (BERITAJA.COM) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru menggelar razia campuran berbareng abdi negara penegak norma wujudkan "Pemasyarakatan bersih-bersih" serentak seluruh lapas dan rutan di Kalimantan Selatan.

Kegiatan "bersih-bersih" melibatkan puluhan personel APH di antaranya personil BNN Kota Banjarbaru, Koramil 1006-07/Banjarbaru dan Polsek Cempaka dilaksanakan pada Jumat malam.

Apel campuran nang dipimpin Kepala Divisi Pemasyarakatan Sri Yuwono menandai dimulainya razia dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 tahun 2023 dengan sasaran blok kediaman penduduk binaan.

Sri Yuwono dalam amanatnya menekankan pentingnya petugas pemasyarakatan berpegang teguh pada 3+1 kunci Pemasyarakatan Maju nang merupakan kebijakan Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

"Sesuai kebijakan Dirjenpas tentang 3+1 ialah penemuan awal terus menerus termasuk berantas narkoba, sinergi dengan APH, dan mengembalikan tugas dan kegunaan pemasyarakatan sesuai regulasi," ujarnya.

Ditegaskan Sri Yuwono, bagi petugas terbukti terlibat penyalahgunaan dan peredaran narkoba dijatuhi hukuman tegas dengan menjalani pidana di lapas dengan pengamanan tinggi (High Security) Nusa Kambangan.

"Jangan bermain dengan narkoba, dan jangan coba-coba jadi jembatan penduduk bimbingan menyalurkan narkoba ke dalam lapas. Banyak bukti nyata, oknum pegawai terlibat dikirim ke Lapas Nusa Kambangan," ucapnya.

Kepala Lapas Kelas IIB Banjarbaru Amico Balalembang mengatakan, razia campuran sebagai tindak lanjut SE Dirjen Pemasyarakatan tanggal 23 Februari 2023 Nomor: PAS1.UM.01.01-185 tentang Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 tahun 2023 salah satunya pemasyarakatan bersih-bersih.

"Kami bersinergi dengan APH dalam upaya penemuan awal gangguan kamtib serta pemberantasan narkoba di lingkungan lapas menyongsong Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59 tahun 2023," kata dia.

Ditambahkan Amico, tujuan razia campuran agar Lapas Banjarbaru bersih dari barang-barang nang dilarang berada di bilik kediaman penduduk bimbingan serta memastikan kondisi Lapas kondusif dan kondusif.

Sementara itu, razia petugas setelah menyisir 3 blok kediaman penduduk bimbingan dan menggeledah badan maupun bilik hunian, mereka kemudian dikumpulkan dan diberi pengpetunjukan mengenai tata tertib lapas.

Hasil razia ditemukan sejumlah peralatan nang dapat mengganggu kamtib lapas, seperti senjata tajam rakitan, gunting, paku, sendok logam, batu, dan peralatan lainnya nang didata dan bakal dimusnahkan.

Lapas Banjarbaru berbareng tim Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Kalsel tidak hanya razia tetapi juga melaksanakan tes urine random terhadap 10 orang WBP dan 10 orang petugas dengan hasil negatif.







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close