Trending

Kunjungan wisatawan di Banten didominasi wisata kuliner dan belanja - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

sekitar 41,1 juta visitor nan tercatat melakukan wisata kuliner dan wisata belanja.

Serang, Banten (BERITAJA.COM) - Kunjungan visitor di Provinsi Banten didominasi oleh wisata kuliner dan wisata shopping nan angkanya pada tahun 2022 meningkat sekitar 300 persen alias 3 kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Al Hamidi di Serang, Rabu, mengatakan pada tahun 2022 sekitar 61 juta visitor lokal, domestik dan mancanegara berekreasi ke Banten.

Dari jumlah tersebut nan berekreasi dengan mengunjungi lokasi wisata ada sekitar 19,9 juta wisatawan. Sementara sisanya ialah sekitar 41,1 juta visitor nan tercatat melakukan wisata kuliner dan wisata belanja.

“Kenaikan jumlah visitor nan mengunjungi lokasi wisata itu naik 125 persen. nan luar biasa justru wisata kuliner dan wisata shopping nan kenaikannya mencapai 300 persen,” kata Al Hamidi.

Terkait capaian di sektor pariwisata ini, Al Hamidi juga menyebut capaian PDRB alias pendapatan domestic regional bruto sektor pariwisata di Banten melampaui nan ditargetkan.

Berita lain dengan Judul: Dispar Banten anggarkan Rp19 miliar untuk penataan destinasi wisata

Berita lain dengan Judul: 250 ribu visitor datangi wisata terbuka di Banten

“Sektor pariwisata ditarget nyumbang PDRB di Banten 3,09 persen tahun 2022 lalu. Dan capaiannya tembus di nomor 4,34 persen alias melampaui target, sampai 140 persen dari nan ditargetkan,” kata Al Hamidi.

Dengan telah berakhirnya pandemi COVID- 19, Al Hamidi optimistis nomor kunjungan visitor ke Banten pada tahun 2023 ini bakal lebih meningkat dibanding tahun 2022.

Optimisme itu, kata dia, juga dibarengi dengan upaya berupa program-program kerja DInas Pariwisata dalam menggenjot pariwisata Banten.

Pada tahun 2022, kata dia, dari 1.080 objek wisata, pihaknya telah melakukan penataan sesuai standar kepariwisataan terhadap 760 objek wisata.

“Terakhir kita lakukan penataan di 94 lokasi wisata dalam program penataan lokasi wisata ini,” katanya.

Berita lain dengan Judul: Pengunjung wisata Pantai Carita Banten menurun

Berita lain dengan Judul: PPLIPI dan Pemprov Banten perkuat wanita di sektor wisata


 

Mulyana

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close