KSOP Kendari minta kapal terapkan identifikasi otomatis dan radio - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

AIS adalah perangkat identifikasi otomatis nan ada di kapal gunanya untuk memudahkan kapal itu termonitor

Kendari (BERITAJA.COM) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kendari meminta seluruh operator kapal menerapkan sistem identifikasi otomatis alias automatic identification system (AIS) dan radio untuk memudahkan pemantauan kapal saat berlayar.

Kepala KSOP Kendari Letkol Marinir Agus Winarto di Kendari, Rabu, mengatakan penerapan identifikasi otomatis alias AIS dan radio krusial dilakukan guna memudahkan pemantauan kapal saat berlayar oleh otoritas penyelenggara pelabuhan dan pengawas keselamatan di laut.

"AIS adalah perangkat identifikasi otomatis nan ada di kapal gunanya untuk memudahkan kapal itu termonitor oleh penyelenggara pelabuhan dan pengawas keselamatan di laut," katanya.

KSOP Kendari menyosialisasikan pentingnya penerapan sistem identifikasi otomatis AIS dan radio kepada para pemilik kapal dan perusahaan pelayaran di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

KSOP Kendari menekankan dan mewajibkan seluruh kapal baik penumpang maupun kapal ikan serta kapal-kapal lainnya untuk menerapkan sistem identifikasi otomatis dan radio di kapal masing-masing.

Berita lain dengan Judul: Cuaca buruk, KSOP setop sementara aktivitas pelayaran di Maluku Utara

Berita lain dengan Judul: KSOP sebut tidak ada korban jiwa kandasnya feri Dumai Line 9

Menurutnya, pemasangan AIS dan radio wajib dan bertindak mulai dari kapal dengan ukuran gross tonnage (GT) alias GT 35 ke atas. Perangkat identifikasi otomatis memudahkan pemantauan kapal-kapal tersebut oleh otoritas penyelenggara pelabuhan.

KSOP Kendari menegaskan kapal nan tidak memasang alias sengaja mematikan perangkat AIS dan radio untuk sementara, bakal diberi hukuman manajemen hingga nantinya ancaman pencabutan izin pelayaran serta sertifikat penggunaan gelombang radio.

Meski begitu, dia mengimbau pemilik kapal alias perusahaan kapal agar menyadari pentingnya menerapkan AIS dan radio guna membantu pengawas keselamatan di laut mengetahui jika terjadi hal-hal nan tidak diinginkan saat kapal melakukan pelayaran.

"Bagi kapal nan tidak dipasang AIS nan harusnya dipasang AIS GT 35 ke atas, maka hukuman manajemen sementara bakal diberikan," katanya menegaskan.

Berita lain dengan Judul: Aliansi nelayan berambisi Kemenhub segera dirikan KSOP di Natuna

Berita lain dengan Judul: KSOP sebut kapal tenggelam di Labuan Bajo layak berlayar



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close