Trending

KPU Parigi Moutong pilih Durimo jadi maskot Pilkada 2024 - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Parigi (BERITAJA) -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah memilih Durimo sebagai maskot untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Desain durian dipilih lantaran mempunyai nilai filosofi kearifan lokal setempat," kata Ketua KPU Parigi Moutong Ariyana di Parigi, Kamis.

Ia menjelaskan kreasi tersebut tersebut hasil sayembara maskot pilkada yang dilakukan oleh KPU setempat beberapa waktu lalu.

Yang mana kreasi durian ini diberi nama Durimo akronim dari durian pengawal demokrasi. Gambar karikatur dengan kepala durian, lampau badan memakai rompi dengan ornamen unik daerah, kemudian di tangan kanan memegang paku dan tangan kiri memegang surat suara.

"Karakter durian lantaran Parigi Moutong menjadi salah satu wilayah di Sulteng penghasil durian terbaik di Indonesia, apalagi kabupaten ini sudah dicanangkan Kementerian Pertanian sebagai kabupaten durian, ini salah satu maknanya," tutur Ariyana.

Lebih lanjut dia menjelaskan filosofi pada bagian kreasi maskot seperti mata dan senyum pada gambar tersebut menggambarkan karakter terbuka dan akrabmenunjukkan penyelenggaraan pemilihan secara langsung, umum bebas dan rahasia.

Lalu kau dan rompi digunakan Durimo berlogo KPU merupakan representasi keterwakilan KPU Parigi Moutong sebagai penyelenggara pilkada yang demokratis, jujur dan adil.

"Ornamen-ornamen yang ditampilkan dalam gambar itu mempunyai nilai, kota suara melambangkan penyelenggaraan pilkada, kemudian surat suara melambangkan kewenangan berdemokrasi, perangkat coblos (paku) melambangkan partisipasi aktif dan tinta ungu melambangkan bukti memilih," paparnya.

Ia mengemukakan maskot pilkada juga bagian dari upaya memasifkan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pentingnya keterlibatan pemilih berperan-serta dalam menentukan nasib wilayah lima tahun ke depan.


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close