Trending

KPU DKI sosialisasi tata cara pendaftaran calon kepala daerah - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
tahapan pencalonan ini krusial lantaran bakal calon nantinya bakal menjadi calon kepala daerah

Jakarta (BERITAJA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta melakukan sosialisasi tata langkah pendaftaran calon kepala wilayah yang diatur dalam Peraturan KPU Nomor 8 tahun 2024 tentang pencalonan gubernur wakil gubernur, bupati wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota.

"Sosialisasi ini sebagai tindak lanjut Rakor KPU se-Indonesia di Bali yang mengharuskan kami melakukan sosialisasi dan koordinasi kepada pemangku kepentingan di wilayah tentang pendaftaran bakal calon," kata Ketua KPU Wahyu Dinata di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan dalam tahapan pendaftaran bakal calon KPU tidak dapat bekerja sendirian dan melibatkan lembaga mengenai terutama dalam melakukan pengesahan arsip syarat pencalonan.

Ia mencontohkan bakal calon yang mendaftar mesti mempunyai surat keterangan bebas narkoba dan ini hanya dikeluarkan oleh BNNP.

Kemudian surat tidak dipidana yang dikeluarkan Pengadilan Negeri serta SKCK yang dikeluarkan kepolisian dan lainnya.

Dalam perihal ini, lanjutnya KPU DKI bakal bersurat ke lembaga mengenai agar proses pencalonan ini melangkah lancar dan tidak menimbulkan sengketa pemilu nantinya.

"Kami juga memanggil partai politik lantaran mereka yang bakal mempersiapkan syarat-syarat pencalonan nantinya," kata dia.

Baca juga: Golkar siapkan Jusuf Hamka jika Kaesang maju di Pilkada Jakarta
Baca juga: Cek fakta, Puan Maharani resmi dukung Kaesang di Pilkada Jateng pada 5 Juli

Ia mengatakan sesuai dengan patokan partai politik alias campuran partai politik dapat mengusung bakal calon gubernur dan wakil gubernur jika bangku mereka di DPRD DKI Jakarta lebih dari 20 persen alias 25 persen dari total jumlah suara partai alias campuran yang duduk di DPRD DKI.

"Kami tetap menunggu surat keputusan dari KPU RI mengenai hasil Pemilu Legislatif di DPRD DKI Jakarta," kata dia.

Sementara Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta Dody Wijaya mengatakan pengumuman pendaftaran bakal calon bakal dimulai pada 24-26 Agustus 2024.

Kemudian untuk masa pendaftaran dibuka dalam tiga hari mulai 27 Agustus hingga 29 Agustus 2024.

"Saat bakal pasangan calon mendaftar maka mereka dapat langsung melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit yang telah ditunjuk oleh KPU," kata dia.

Menurut dia tahapan pencalonan ini mesti menjadi atensi berbareng agar melangkah akuntab

el dan sesuai dengan aturan.

"Proses tahapan pencalonan ini krusial lantaran bakal calon nantinya bakal menjadi calon kepala wilayah dan ditetapkan sebagai kepala wilayah dimulai dari tahapan ini," katanya.

Baca juga: Gerindra tetap menunggu untuk usung Anies-Kaesang di Pilkada Jakarta
Baca juga: Bawaslu Jakut ajak masyarakat terlibat aktif awasi tahapan pilkada
Baca juga: Pencocokan info di DKI Jakarta sudah mencapai 61 persen dari total DPS


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close