KPK temukan 134 pegawai pajak punya saham di 280 perusahaan - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan pihaknya telah melakukan kajian laporan kekayaan kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) dan menemukan ada 134 pegawai Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak nan mempunyai saham di 280 perusahaan.

"Kita lakukan pendalaman terhadap info nan kita punya, tercatat bahwa 134 pegawai pajak rupanya punya saham di 280 perusahaan," kata Deputi Bidang Pencegahan KPK Pahala Nainggolan di Jakarta, Rabu.

Pahala mengatakan berasas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin pegawai negeri sipil (PNS) memang tidak ada larangan bagi PNS untuk berupaya asalkan beretika dan tidak berasosiasi dengan pekerjaan.

"Yang berisiko jika perusahaannya konsultan pajak, pekerjaan saya pegawai pajak tapi saya punya saham di konsultan pajak," ujarnya.

Temuan tersebut selanjutnya bakal disampaikan kepada Kementerian Keuangan untuk dilakukan pendalaman mengenai perusahaan tersebut.

KPK juga selanjutnya bakal mempelajari profil dari para pegawai Ditjen Pajak tersebut dan memeriksa apakah kekayaan kekayaan nan dilaporkan dalam LHKPN sesuai dengan profilnya.

Pahala menerangkan perihal kepemilikan saham oleh para wajib lapor LHKPN menjadi perhatian KPK lantaran dalam LHKPN hanya dicantumkan nilai sahamnya saja.

"Padahal perusahaan ini bisa punya aset besar, penghasilan besar, utang besar, ini tidak tercatat di LHKPN," kata Pahala.
 



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close