Trends

Konsultan: Bekasi masih mendominasi serapan lahan industri terbanyak - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Serapan lahan terbesar 42 persen tetap di kekuasaan oleh area Bekasi.....

Jakarta (BERITAJA.COM) - Konsultan Knight Frank Indonesia mengungkapkan wilayah Bekasi tetap mendominasi serapan lahan industri paling banyak dengan info center dan industri kimia menjadi sektor paling aktif.

"Serapan lahan terbesar 42 persen tetap di kekuasaan oleh area Bekasi dengan info center dan kimia (chemical) sebagai sektor nan paling aktif menyerap lahan industri di semester kedua tahun 2022," ujar Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat alias disapa Sari dalam obrolan daring, di Jakarta, Kamis.

Sari mengatakan, menurut Jakarta Property Highlight, total stok area industri sepanjang 2022 meningkat tipis dari ekspansi di koridor timur dengan total serapan lahan berkisar di 207 hektare.

Knight Frank Global menyebut bahwa tren investasi di tahun 2023 bakal diwarnai oleh sektor industri nan prospektif. Pada tataran regional, publikasi Knight Frank Asia Pasifik memprediksikan bahwa pertumbuhan nilai sewa pergudangan alias warehouse akan stabil tahun ini.

Untuk Indonesia sendiri, berasas laporan Jakarta Property Highlight terkini, posisi pertumbuhan nilai pergudangan di Jabodetabek juga tercatat setara dengan pertumbuhan rata-rata di Asia Pasifik, sebesar 2,5 persen.
Berita lain dengan Judul: Koridor timur Jakarta serap 62 persen lahan industri

Selanjutnya, juga tercatat bahwa total serapan lahan industri nan terjual di Jabodetabek pada semester kedua tahun 2022 memang tidak sebaik semester sebelumnya. Namun, sektor industri tetap dinilai prospektif mengingat adanya tren positif pada jumlah lahan terjual dan stabilitas harga, apalagi terdapat peningkatan pada beberapa submarket.

“Secara umum, performa total serapan lahan terjual sektor industri di Jabodetabek di semester kedua tahun 2022 memang tidak sebaik semester satu, namun secara keseluruhan performa tetap bagus. Sektor ini adalah best performer di antara sub sektor lainnya dalam periode nan penuh tantangan dan ketidakpastian beberapa tahun belakangan ini. Penutupan tahun 2022 ditandai dengan total penjualan lahan sejumlah 67,4 persen nan merefleksikan optimisme," kata Sari.

Country Head Knight Frank Indonesia Willson Kalip mengatakan bahwa performa tahunan sektor industri di tahun 2022 ditutup dengan nomor nan relatif baik dan cukup kuat.

"Hal ini tidak terlepas dari stimulasi nan dikirimkan oleh sektor unggulan, termasuk info center, kimia, elektronik, autodrives, dan fast moving consumer good (FMCG) nan terus tumbuh dan berkembang dengan esensial pasar domestik," kata Wilson pula.
Berita lain dengan Judul: Penjualan lahan industri Jakarta dan sekitarnya tumbuh 68,4 persen
Berita lain dengan Judul: BEST targetkan capai marketing sales lahan industri 20 hektare


Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close