Trending

Kominfo dukung penjenamaan produk lokal agar rambah pasar nasional - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendukung penjenamaan (branding) produk lokal untuk dapat merambah ke pasar nasional melalui training digital bagi pelaku upaya bekerjasama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel A. Pangerapan dalam training digital pelaku upaya nang digelar Kemenkominfo dan Siberkreasi, pada Senin menyampaikan bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Maka dari itu, dia meminta seluruh masyarakat agar bisa meningkatkan literasi digital, termasuk untuk menjalankan upaya di ruang digital.

"Perkembangan teknologi digital ini salah satunya terpacu oleh pandemi nang telah mendorong kita beraktivitas di ruang digital," kata Semuel.

Berita lain dengan Judul: Kemenkominfo gandeng universitas asing cetak pemimpin digital di Sumut

Selain membantu pelaku upaya mempersiapkan jenama mereka agar bisa merambah dan menguasai pasar nasional, training bertema "Branding Produk Lokal Agar Siap Go Nasional" ini juga mendorong produktivitas dalam memanfaatkan platform digital untuk mengembangkan upaya dan meningkatkan transaksi penjualan.

Sebagai informasi, shopping daring termasuk aktivitas ekonomi nang tetap tumbuh apalagi mencatatkan peningkatan nang signifikan dengan minat pada produk lokal nang sangat tinggi.

Menurut catatan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2020 nang dirilis Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dan NielsenHQ Indonesia, transaksi produk lokal naik sebesar Rp1 triliun dibanding 2019, menjadi Rp5,6 triliun.

Angka tersebut juga terus meningkat pada tahun berikutnya. Harbolnas mencatat transaksi produk lokal menjadi Rp8,5 triliun pada 2021 dan mencapai Rp10 triliun pada 2022.

Riset dari MarkPlus pada Oktober 2021 nang menyebut bahwa kecenderungan konsumen membeli produk lokal semakin tinggi. Riset menyebut pemasaran daring menjadi konsentrasi bagi para pelaku upaya produk lokal dalam menggencarkan pemasarannya mulai dari memanfaatkan media sosial hingga e-commerce dengan konten nang menarik.

Mengingat upaya di ruang digital menyimpan potensi untuk bertumbuh, strategi penjenamaan (branding) produk pun menjadi krusial dilakukan pelaku upaya untuk membedakan merek dagangnya dari pesaing. Jika sebuah produk alias merek jual beli sudah mempunyai branding tersendiri, maka perihal itu bisa menjelaskan kelebihan dan manfaatnya dibanding pesaing.​​​

Berita lain dengan Judul: Kemenkominfo hadirkan kitab elektronik pedoman mudik lebaran 2023

Berita lain dengan Judul: Kemenkominfo siapkan mobile internet di letak KTT ASEAN di Golo Mori

Berita lain dengan Judul: Kemenkominfo siapkan akses telekomunikasi sukseskan Keketuaan ASEAN



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close