Trends

KIPP IKN diyakini dapat selesai selama 5 tahun - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Mantan Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Andrinof Chaniago meyakini pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur dapat selesai dalam waktu 5 tahun

Rencana tersebut bisa terealisasi jika ada pendanaan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) rata-rata Rp25 triliun per tahun.

“Kalau area lain sangat berjuntai juga pada jadinya KIPP. Begitu area inti sudah terlihat separuh jadi, saya percaya penanammodal bakal datang untuk berperan-serta di kawasan-kawasan penunjang nan sudah ditentukan fungsinya masing-masing,” katanya.

Hal tersebut disampaikannya secara virtual dalam webinar “Geliat IKN Menyongsong Masa Depan” nan diadakan Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), Jakarta, Senin.

Dalam membangun sebuah kota baru, secara rata-rata lama paling sigap ialah selama 10 tahun. Berdasarkan studi terhadap lebih dari 30 negara, lama pembangunan kota baru selama 10-15 tahun.

Dengan konsentrasi terhadap pembangunan KIPP, lanjut Andrinof, otomatis area pengembangan lainnya bakal lebih banyak diisi oleh non pemerintahan alias swasta.

“Mungkin lebih baik kita konsentrasi untuk mewujudkan KIPP. Untuk KIPP, saya percaya 5 tahun bisa selesai lantaran sumber biayanya itu pasti, ialah dari APBN,” ungkap dia.

Pada kesempatan tersebut, dia mengaku salut dengan tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan IKN nan dinilai all out dalam melakukan manajemen proyek.

Misalnya, pembangunan rumah pekerja nan dengan sigap sudah berdiri dianggap sebagai sesuatu nan baru dalam proyek pembangunan infrastruktur. Pencapaian tersebut dipandang sebagai tanda kesiapan pengerjaan pembangunan IKN.

“Saya juga perhatikan pembukaan badan jalan nan progresnya banyak sekali dalam tempo 3 bulan, 5-6 bulan. Saya nan memandang dari luar jujur ikut optimis bahwa ini bakal melangkah dengan lancar untuk mewujudkan area inti dari IKN,” kata dia.

Apalagi, pengawasan langsung Presiden Joko Widodo terhadap proyek besar di IKN dinilai semakin menciptakan optimisme bahwa area inti IKN segera terealisasi.

“Sekali tiga bulan pasti beliau (Presiden) bakal mengunjungi IKN, selama ini seperti itu," ucapnya.

Dengan manajemen proyek nan sangat baik ini, lampau pengawasan dari Presiden secara langsung nan dan teman-teman di IKN nan juga sekarang sudah komplit terbentuk.

"Mungkin tinggal di menengah bawahnya lagi nan tetap perlu dilengkapi, pekerjaan ini (pembangunan KIPP) bakal terus melangkah dari bulan ke bulan,” ujarnya.

Berita lain dengan Judul: Rata-rata capaian pembangunan KIPP IKN sebesar 23 persen

Berita lain dengan Judul: OJK konsentrasi IKN dan berbenah menyusul terbitnya UU P2SK

M Baqir Idrus Alatas
Nurul Aulia Badar
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close