Trending

Ketua DPR AS Kevin McCarthy akan temui pemimpin Taiwan Tsai Ing Wen - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Washington (BERITAJA.COM) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat Kevin McCarthy bakal mengadakan pertemuan dengan pemimpin Taiwan Tsai Ing Wen pada Rabu di California, menurut pernyataan dari kantornya.

Sebuah pernyataan nang dirilis pada Senin oleh kantornya akhirnya mengonfirmasi pertemuan nang diperkirakan bakal memicu kempetunjukan China.

China telah menakut-nakuti bakal melakukan "tindakan jawaban tegas" terhadap AS jika pertemuan tersebut terjadi.

Pernyataan singkat itu mengatakan pertemuan tersebut bakal berkarakter lintas partai dan bakal berjalan di Perpustakaan Kepresidenan Ronald Reagan.

Tsai saat ini dalam lawatan 10 hari ke Amerika Tengah dengan agenda transit melalui AS, ketika ketegangan sedang tinggi antara Washington dan Beijing.

Seorang ahli bicara dari Konsulat Jenderal China di Los Angeles mengkritik pertemuan antara Tsai dan pejabat tertinggi ketiga AS McCarthy dan menyebutnya "tindakan lain nang secara serius melanggar prinsip satu China" seraya menambahkan perihal itu bakal "sangat melukai emosi 1,4 miliar rakyat China".

Dia juga memperingatkan bahwa McCarthy bakal "merusak hubungan China-AS lebih jauh" dengan mengadakan pembicaraan dengan Tsai.

Juru bicara itu melanjutkan bahwa "kami bakal mengikuti perkembangan dengan seksama serta dengan tegas memihak kedaulatan nasional dan integritas teritorial".
Berita lain dengan Judul: China ancam membalas jika Ketua DPR AS temui pemimpin Taiwan

Hubungan bilateral AS dan China memanas setelah pendahulu McCarthy dari Partai Demokrat, Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan pada Agustus tahun lalu. Kunjungan itu membikin China membekukan komunikasi militer antara kedua negara.

China nang menganggap Taiwan bagian dari wilayahnya, juga mengadakan latihan militer berskala besar di area nang mengitari pulau dengan pemerintahan demokratis tersendiri itu.

Gerakan jawaban itu termasuk menembakkan rudal balistik, nang beberapa jatuh di area ekonomi eksklusif Jepang.

McCarthy, dari Partai Republik, sebelumnya mengungkapkan angan untuk mengunjungi Taiwan jika terpilih sebagai pemimpin tertinggi di DPR AS.

Tsai terakhir singgah di AS pada 2019. Para pejabat AS berulangkali menekankan perjalanan di mana pemimpin Taiwan singgah di negara itu bukanlah perihal luar biasa dan mendesak China untuk tidak menggunakannya sebagai dalih untuk meningkatkan aktivitas militer di Selat Taiwan.

Sumber: Kyodo-OANA
​​​​​​
Berita lain dengan Judul: Pemimpin Taiwan tinjau tentara jelang kunjungan ke AS, Amerika Tengah
Berita lain dengan Judul: AS setujui potensi penjualan senjata senilai Rp9,48 triliun ke Taiwan
Berita lain dengan Judul: China desak pejabat AS bijak sikapi rumor mengenai Taiwan

:

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close