Trends

Ketua DPD RI dukung PT PJL jadi pusat pengolahan limbah B3 - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

"Jangan pernah anggap sepele masalah limbah. Dampak nan dapat ditimbulkan sangat luar biasa, bisa merusak lingkungan, dan mengganggu kesehatan masyarakat secara luas. Oleh karena itu, saya mendukung PT PJL menjadi pusat pengolahan limbah B3 terbesar

Jakarta (BERITAJA.COM) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendukung badan upaya milik wilayah (BUMD) PT Pratama Jatim Lestari (PJL) menjadi pusat pengolahan limbah bahan rawan dan berbisa (B3) terbesar sekaligus terbaik di Jawa Timur.

"Jangan pernah anggap sepele masalah limbah. Dampak nan dapat ditimbulkan sangat luar biasa, bisa merusak lingkungan, dan mengganggu kesehatan masyarakat secara luas. Oleh karena itu, saya mendukung PT PJL menjadi pusat pengolahan limbah B3 terbesar dan terbaik di Jawa Timur,” kata LaNyalla dalam siaran pers nan diterima di Jakarta, Selasa.

Dukungan tersebut dia sampaikan secara langsung saat mengunjungi PT Pratama Jatim Lestari di Mojokerto, Jawa Timur, Selasa.

Menurutnya, sebagai salah satu provinsi besar di Indonesia, Jawa Timur memerlukan pusat pengolahan limbah B3 agar lingkungan di wilayah tersebut dapat terus terjaga.

Lebih lanjut, LaNyalla mengatakan semakin hari, krisis lingkungan di bumi semakin mengkhawatirkan.

Sebagaimana dimuat dalam situs resmi organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di bagian lingkungan hidup United Nations Environment Programme (UNEP), disebutkan bahwa sekitar 7 miliar dari 9,2 miliar ton plastik nan dihasilkan dari tahun 1950-2017 telah menjadi limbah plastik.

UNEP juga mengatakan dalam setiap menit terdapat satu truk sampah plastik nan dibuang ke laut. Keadaan nan mengkhawatirkan juga terjadi pada limbah organik. Data dari UNEP melaporkan sebanyak 931 juta ton alias sekitar 17 persen dari makanan nan tersedia pada tahun 2019 terbuang begitu saja ke tempat pembuangan sampah, pengecer, restoran, dan sebagainya.

"Limbah nan terkumpul di tempat pembuangan sampah dapat disortir untuk dilakukan pemilahan terhadap barang-barang nan dapat didaur ulang. Itulah prinsip pengolahan limbah nan baik bagi lingkungan " kata LaNyalla.

Dengan mengolah limbah nan baik, lanjutnya, manusia telah membantu menjaga dan merawat bumi agar bisa terus dinikmati oleh generasi-generasi mendatang.

Dalam kesempatan nan sama, Direktur Utama PT PJL Haries Purwoko nan menyambut kehadiran LaNyalla itu menyampaikan PT PJL merupakan perusahaan nan berdiri sejak tahun 2019 dan menyediakan jasa pengumpulan, daur ulang, pengolahan, serta pembuangan limbah rawan dan tidak berbahaya.

Haries juga menyampaikan PT PJL mempunyai sejumlah misi. Di antaranya, menciptakan area pemanfaatan nan luas dan sesuai untuk pengelolaan limbah, menambah akomodasi pengolahan limbah dengan kualitas terbaik, dan memberdayakan sumber daya manusia (SDM) masyarakat di sekitar untuk meningkatkan kesejahteraan publik.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close