Trending

Ketua DKPP RI: Birokrasi netral adalah syarat pemilu demokratis - Beritaja

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Banjarmasin (BERITAJA.COM) - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI Heddy Lugito mengatakan birokrasi pemerintahan yang netral adalah salah satu syarat utama untuk mewujudkan pemilihan umum yang demokratis.

“Kami bekerja sama dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memastikan birokrasi di pemerintahan tetap netral selama penyelenggaraan pemilu ataupun pilkada,” kata Heddy saat memberikan keterangan pers usai menghadiri Rakor Penyelenggara Pemilu Wilayah III di Banjarmasin, Rabu.

Ia menyebut seluruh jejeran ASN tidak boleh berpihak terhadap peserta pemilu lantaran bakal mengganggu sistem kerakyatan yang berkeadilan.

“ASN yang tidak netral dipengaruhi banyak parameter yang menyangkut hubungan kelembagaan, misalnya antara pemimpin dan bawahan, kekerabatan, mau mempertahankan jabatan, dan pura-pura tidak tahu,” ucapnya.

Baca juga: KASN perkuat pengawasan netralitas ASN jelang Pemilu

Dia mengatakan berasas hasil pemantauan Komisi ASN, parameter tidak netralnya ASN yang paling banyak ditemukan adalah adanya hubungan kekerabatan, baik hubungan family maupun pertemanan.

Heddy menjelaskan pemantauan itu dilakukan Komisi ASN melalui sebuah situs resmi dan bakal terlihat jumlah dan nomor persentase siapa saja ASN yang tidak netral.

Ia mengatakan parameter pemantauan sikap tidak netral itu hanya bertindak di lingkungan ASN saja dan tidak dapat memantau kelembagaan lain, lantaran Komisi ASN yang bekerja dibatasi secara kewenangan.

Menurut dia, penelusuran ASN yang tidak netral itu sudah terbukti pada Pemilu 2019 melalui info yang dihimpun Komisi ASN.

Oleh lantaran itu, Heddy menekankan pihaknya mesti betul-betul memastikan seluruh birokrasi pemerintahan tetap tegak lurus kepada demokrasi.

“Jika ada oknum di birokrasi yang memihak kepada salah satu peserta pemilu, ini adalah sinyal ancaman yang menakut-nakuti sistem demokrasi, tidak boleh dibiarkan,” ujar dia.

Baca juga: Komisioner KASN: Guru dan pengajar rentan terlibat politik praktis
Baca juga: Ketua DKPP RI: Seleksi penyelenggara pemilu sangat transparan

 

Tumpal Andani Aritonang
Editor: Mahfud
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close