Trending

Kesaksian warga ungkap kecelakaan pesawat PK-IFP di Tangsel - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Tangerang (BERITAJA) - Salah satu penduduk Kota Tangerang Selatan Banten, Ali Saali memberikan kesaksian atas peristiwa kecelakaan udara yang dialami pesawat ringan PK-IFP di Lapangan Sunburst BSD, Serpong, Minggu siang.

"Keras banget. Mirip kayak suara mobil tabrakan," katanya di Tangerang, Minggu.

Ali mengaku, ketika terjadinya kejadian naas tersebut, sempat mendengar ledakan yang cukup keras. Sehingga menyorot perhatian penduduk sekitar yang ada di letak tempat kejadian perkara (TKP).

Menurutnya, saat memandang ada pesawat jatuh para pedagang di sekitar lapangan Sunburst lari berhamburan. Warga mencoba mendekati badan pesawat yang terlihat hancur berkeping-keping.

"Orang sini pada teriak-teriakan, kaget ada pesawat jatuh," katanya.

Ia juga mengaku, pada kejadian tersebut dirinya sempat memandang satu kru pesawat terpental keluar hingga sekitar tiga meter. Kondisinya saat jatuh terpental itu tetap dalam keadaan hidup.

"Cuman keliatan luka di sini. Enggak ada ledakan," katanya.

Dalam peristiwa ini, Tim S campuran telah sukses mengevakuasi seluruh korban. Dan dari ketiganya dipastikan telah meninggal dunia.

Adapun dari ketiga korban itu, diketahui berjulukan Pulung Darmawan, penduduk Semarang, Mayor Suanda (belum diketahui asal daerah), Farid (belum diketahui asal daerah).

"Kronologi pemindahan mulai dari pertama pukul 14.45. Kemudian Korban kedua pukul 16.00, korban ketiga 16.45 WIB. Ketiga korban sudah sukses kita pemindahan selesai pukul 16.40 WIB. Evakuasi dari 13.45 WIB. Terima awal info dari 13.43. WIB," kata Kepala Basarnas Jakarta Desiana Kartika Bahari.

Selama proses evakuasi, katanya, pihaknya mengalami sedikit kendala, lantaran kondisi badan pesawat dalam keadaan hancur. Sehingga, pemindahan yang dilakukan petugas S campuran pun diperlukan kehati-hatian.

"Dari yang pertama sampai akhir 15 menit, untuk proses pengamanan kita dibantu oleh peralatan ekstrikasi," katanya.

Proses selanjutnya, tim penyelamat dan pertolongan bakal melakukan pemindahan terhadap puing dan badan pesawat, untuk dibawa ke Pondok Cabe.

"Untuk proses pemindahan kita kerahkan petugas dari Basarnas Jakarta dan BSD, total ada 10. Tapi untuk proses pemindahan badan pesawat itu kelak bakal dilakukan oleh pihak KNKT," katanya.

Sebuah pesawat ringan mengalami kecelakaan udara di Kawasan Lapangan Sunburst BSD, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Bandten, Minggu, sekitar 14.09 WIB.

Dalam kejadian tersebut, diketahui terdapat tiga korban jiwa yang terdiri atas pilot, co pilot dan engineering.

Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Mahfud







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close