Trending

Kementerian PUPR siapkan dua lajur Tol Cisumdawu untuk mudik - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Minggu lampau (Tol Cisumdawu) sudah saya tengok, mudah-mudahan tanggal 14 (April 2023) bisa 'open'. Kalau di tahap awal itu dua lajur jadi kelak misalnya arus mudik dari Bandung dan arus kembali ke sini Insya Allah bisa.

Jakarta (BERITAJA.COM) -
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan dua lajur Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat untuk memperlancar arus mudik Lebaran 2023.
.
"Minggu lampau (Tol Cisumdawu) sudah saya tengok, mudah-mudahan tanggal 14 (April 2023) bisa 'open'. Kalau di tahap awal itu dua lajur jadi kelak misalnya arus mudik dari Bandung dan arus kembali ke sini Insya Allah bisa," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, Selasa.

Kementerian PUPR membangun Tol Cisumdawu nang terdiri dari enam seksi. Proyek itu dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dan badan upaya (KPBU) dengan biaya bangunan Rp5,5 triliun.

"Itu sudah tembus dari Cileunyi, sampai ke Cipali, 90 kilometer," tambah Basuki.

Berita lain dengan Judul: Menhub pastikan Tol Cisumdawu Bandung-Kertajati beraksi 15 April

Namun Basuki tidak menyampaikan mengenai skenario mudik di Tol Cisumdawu apakah juga bakal menggunakan "one way" alias "contra flow". "Kalau itu kelak nang 'one way' nang atur Korlantas (Polri)," ungkap Basuki.

Sebelumnya pemerintah menyatakan, arus kendaraan mudik bakal mulai sejak 18 April hingga puncaknya 21 April 2023 dengan perkiraan pemudik mencapai 123,8 juta alias meningkat dari jumlah pemudik tahun lampau nang mencapai 85 juta pemudik.

"Sudah siap (sebelum puncak arus mudik)," tambah Basuki singkat.

Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km telah beraksi sejak Januari 2022. Kemudian pembangunan bentuk Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km sudah mencapai 94,7 persen.

Berita lain dengan Judul: Menteri PUPR: Tol Cisumdawu ditargetkan selesai sebelum Lebaran

Selanjutnya Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km konstruksinya telah rampung 100 persen. Sedangkan untuk pembangunan Seksi 4 Cimalaka-Legok sepanjang 8,20 km, Seksi 4A telah rampung sebesar 87,93 persen dan Seksi 4B telah sebesar 58 persen.

Kemudian Seksi 5 Legok-Ujungjaya sepanjang 14,9 km, konstruksinya sudah rampung 60,9 persen di seksi 5A dan sebesar 63 persen di 5B. Terakhir, Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan, untuk 6A telah rampung sebesar 98,2 persen dan untuk 6B sudah rampung 100 persen.

Terhubungnya Jalan Tol Cisumdawu ini bakal memberikan peran krusial dalam memperlancar arus mudik dari petunjuk Tol Cipali menuju Tol Cisumdawu alias sebaliknya.

Desca Lidya Natalia

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close