Trending

Kementerian Investasi/BKPM beri kemudahan pengembangan "smart city" - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Jakarta (BERITAJA.COM) - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan akan memberikan kemudahan investasi di Indonesia, termasuk pengembangan "smart city".

"Apalagi Kementerian Investasi dan BKPM tahun ini ditargetkan pemerintah untuk mendapatkan investasi sebesar Rp1.400 triliun. Tahun 2023, Presiden memerintahkan saya kudu mencapai Rp1.400 triliun,” kata Bahlil dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Di hadapan Perhimpunan Indonesia-Tionghoa (INTI) serta Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) Menteri menambahkan bahwa invetasi sebesar itu juga nantinya diharapkan bakal mengerek pertumbuhan Indonesia di atas 5 persen.

"Walaupun secara dunia pertumbuhannya dibilang resesi, tapi kita tidak pada konteks untuk resesi,” ujarnya.

Bahlil juga meyakinkan pengusaha nang tergabung dalam INTI bahwa pihaknya bakal menjamin memberikan kemudahan setiap pengusaha nang mau berinvestasi.

"Dulu saat saya jadi pengusaha, mengurus izin investasi itu susah. Saya yakinkan, pengalaman saya nang pahit jadi pengusaha itu tidak terjadi di saat saya menjadi menteri investasi," katanya

Menurut Bahlil melalui Undang-undang Omnibuslaw alias lewat OSS, sudah ada 79 UU nang menghalang investasi dipotong.

"Kita fokuskan lewat online single submission. Jadi sekarang izinnya mudah sekali," ujarnya.

Soal kepastian investasi, Menteri Investasi juga bakal menjamin apalagi juga mengundang pengusaha nang mau investasi datang ke kantornya, jika memerlukan bantuan.

"Saya adil, lantaran saya juga butuh investasi sebesar Rp1.400 triliun di luar sektor migas dan keuangan, "katanya.

Sebelumnya Perhimpunan INTI (Indonesia-Tionghoa) bekerja sama dengan KIKT (Kadin Indonesia Komite Tiongkok) dan CAIH (China Asean Information Harbour) untuk menggelar pameran berjudul “Indonesia-China Smart City Expo”, pada 24-26 Mei 2023 di Jakarta.

Ketua Umum INTI Teddy Sugianto menyatakan pada Indonesia-China Smart City Expo ini bakal digelar sejumlah aktivitas seperti Exhibition, Awarding, Conference, Investment Oppotunities, and Solution Matching Forum.

"Kami berambisi bahwa event ini bakal menjadi aspek pendorong masuknya investasi di Indonesia. Kami meyakini bahwa pembangunan smart city bakal menjadi tren nang terjadi di kota-kota di Indonesia," katanya.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close