Trending

Kementerian ESDM terbitkan Wilayah Pertambangan Rakyat Provinsi Babel - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Dengan adanya WPR ini tentunya tata kelola penambangan bijih timah di Babel bakal semakin baik

Pangkalpinang (BERITAJA.COM) - Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Djamaluddin menyatakan pihaknya telah menerbitkan keputusan mengenai Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Dengan adanya WPR ini tentunya tata kelola penambangan bijih timah di Babel bakal semakin baik," kata Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa.

Ia berterima kasih Kementerian ESDM telah mengabulkan usulan WPR oleh Pemprov Kepulauan Babel dalam mewujudkan tata kelola penambangan dan juga untuk menekan penambangan bijih timah terlarangan di Kepulauan Babel.

"Kalau pertambangan timah terlarangan tetap tidak boleh. Selama ini kita semangatnya menata dan Penjabat Gubernur Kepulauan Babel nang baru sudah mengerti mengenai perihal penataan ini, lantaran beliau sebagai seorang mahir tata negara alias nang punya pengetahuan soal izin dan lain-lain," katanya.

Menurut dia, dengan diterbitkan keputusan WPR di Kepulauan Babel ini, maka selanjutnya kelak badan upaya dapat mengusulkan izin pertambangan rakyat nang saat ini kewenangannya di pemerintah provinsi.

"Pada saat provinsi mengusulkan ke Kementerian ESDM nang usulan awalnya dari kabupaten, itu lah nang kita teruskan ke sana setelah kita lihat kesesuaian tata ruang, zonasi dan lain-lain," katanya.

Ia mengimbau badan upaya untuk merangkul penambang rakyat untuk dapat mengurus Izin Pertambangan Rakyat (IPR).

"Ajak lah itu BUMD, koperasi alias pun sebagainya nang bisa dititipkan untuk memfasilitasi misalnya izin lingkungan," ujarnya.

Ridwan juga menyarankan model kerja sama seperti inti plasma nang mana perusahaan besar menjadi bapak asuh perusahaan kecil.

"Misalnya PT Timah dia membina CV ABC dan kelak PT Timah ini lah nang membantu CV tersebut membikin NIB, wajib pajak, kajian lingkungan dan sebagainya," jelasnya.

Ia mengharapkan Bangka Belitung dapat menjadi percontohan mengenai Izin Pertambangan Rakyat di Indonesia.

"Orang Bangka Belitung dahsyat dan mempunyai modal dasar nang bagus, hanya saja ekosistemnya belum cukup bagus untuk membikin orang dahsyat ini tumbuh subur. Oleh lantaran itu, dibutuhkan kerjasama untuk mengembangkan hal-hal positif," katanya.

Berita lain dengan Judul: Audit tata kelola timah diharapkan jaga nama baik industri tambang RI
Berita lain dengan Judul: Perhapi beri 8 rekomendasi ke pemerintah atasi penambangan ilegal
Berita lain dengan Judul: Pakar: Tambang terlarangan akibat minim pengawasan dan hambatan perizinan

 


Faisal Yunianto
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close