Trending

Kementerian BUMN bangun ekosistem UMKM lewat PaDi Expo - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta (BERITAJA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berupaya mengoptimalkan peran upaya mikro, mini dan menengah (UMKM) melalui penyelenggaraan Pasar Digital (PaDi) UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 guna membangun ekosistem yang saling berkelanjutan.

Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari mengatakan, UMKM mempunyai peran yang signifikan dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. Oleh karenanya, penyelenggaraan PaDi UMKM Expo dapat membantu pengusaha lokal untuk lebih berkembang.

"Kementerian BUMN mengpenghargaan inisiatif pengembangan PaDi UMKM yang telah dilakukan selama 4 tahun ini. Semoga peran PaDi UMKM bakal semakin inklusif dan lebih membantu UMKM agar lebih melonjak ke depannya," ujar Rabin di Jakarta, Kamis.

Nilai produk dalam negeri BUMN pada 2023 meningkat sampai dengan Rp917,2 triliun alias meningkat 67 persen dibanding tahun sebelumnya. Selain itu, nilai shopping BUMN pada UMKM meningkat pesat mencapai 57 persen.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengatakan, PaDi UMKM Expo tahun 2024 berbeda dengan sebelumnya.

Baca juga: Kementerian BUMN menargetkan transaksi PaDi UMKM Expo 2024 Rp20 miliar

Baca juga: Erick sebut BUMN tembok ekonomi usai DPR setujui PMN Rp44,24 triliun

Pada tahun 2024 ini PaDi UMKM Expo dilengkapi juga dengan konvensi untuk membahas topik-topik aktual yang mengenai pengembangan UMKM serta Business Matching guna mempertemukan Buyer Group dari BUMN dengan para pelaku UMKM.

Selain itu, langkah ini juga diharapkan dapat membantu UMKM memperluas jaringannya sebagai bagian dari upaya untuk mendukung UMKM go digital dan go global

"Hal ini dilakukan dengan tujuan agar PaDi UMKM Expo tidak hanya dapat mendukung pemasaran produk-produk UMKM, tetapi juga meningkatkan wawasan dan kapabilitas para pelaku UMKM," kata Loto.

Kegiatan ini didukung enam perusahaan BUMN Group, ialah Pertamina, Telkom Indonesia, Angkasa Pura II, PT Pembangunan Perumahan, Jasa Marga, dan Biofarma.

Menghadirkan lebih dari 500 UMKM yang merupakan bimbingan BUMN serta organisasi/lembaga mitra Kementerian BUMN, diantaranya Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), HIPMI, IWAPI, Jakpreneur, Bank Indonesia, Kemkominfo, KemenKUKM, dan Yayasan Dharma Bhakti Astra.

PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 berjalan di dua tempat ialah Gedung Sarinah, Jakarta dari tanggal 11 - 14 Juli 2024 serta e-Walk Plaza, Balikpapan dari tanggal 18 - 21 Juli 2024. Sementara, secara daring dapat diakses di aplikasi PaDi UMKM alias website www.padiumkm.id, yang diselenggarakan dari tanggal 11 Juli - 10 Agustus 2024.


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close