Trending

Kementan pasok 142 ton cabai dan bawang merah ke Jakarta - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

pemerintah sudah memanfaatkan teknologi kepintaran buatan (AI) nan bisa memantau perkembangan tanaman hortikultura hingga waktu panen

Jakarta (BERITAJA.COM) - Kementerian Pertanian (Kementan) memasok sekitar 142 ton cabe dan bawang merah ke Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Ibu Kota.

"Tugas Kementan adalah ketersediaan," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin.

Ada pun rinciannya, cabe sebanyak 17 ton didatangkan dari Magelang dan Temanggung, Jawa Tengah dan sebanyak 125 ton bawang merah dari Garut dan Sumedang, Jawa Barat.

Kedua bahan dapur itu rentan mengalami kenaikan nilai terutama saat musim hujan lantaran berpotensi sigap rusak selama penyimpanan sehingga mempengaruhi stok dan nilai menjelang bulan Ramadhan.

Meski begitu, dia memastikan kualitas pangan tersebut kondusif lantaran pemerintah sudah memanfaatkan teknologi kepintaran buatan (AI) nan bisa memantau perkembangan tanaman hortikultura hingga waktu panen.

Tak hanya, penanganan produk setelah panen misalnya agar mempunyai daya tahan lama juga krusial untuk menjaga kualitas pangan.

"Saya menjamin bahwa kualitas nan ada termasuk sekarang ini menghadapi hujan, kami sudah antisipasi," ucapnya.

Selain dua komoditas itu, Mentan memastikan pasokan beras juga tersedia di pasaran lantaran sudah memasuki musim panen raya secara nasional.

Sementara itu, Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono berharap dengan adanya pasokan kebutuhan pangan itu bisa mengendalikan nilai di pasaran.

"Mudah-mudahan (harga) semua terkendali, meski pun sedikit-sedikit (harga) naik tapi tadi pedagang menyatakan sudah stabil dan komoditas nan lain juga bakal kami siapkan stok nan ada," katanya.

Pasokan komoditas dari Kementan itu menjadi krusial untuk mengendalikan nilai alias inflasi mengingat DKI Jakarta memberikan pengaruh hingga 27 persen terhadap inflasi nasional.

Sementara itu, berasas Informasi Pangan Jakarta per Senin ini nilai rata-rata cabe rawit merah di Jakarta turun hingga Rp11 ribu dibandingkan Minggu (5/3) menjadi Rp78.085 per kilogram.

Sedangkan nilai rata-rata bawang merah di Jakarta mencapai Rp42.851 per kilogram.
Berita lain dengan Judul: Sudin KPKP Jakarta Timur sidak lima pasar cegah penggunaan formalin
Berita lain dengan Judul: Food Station diharapkan lebih responsif jaga nilai pangan
Berita lain dengan Judul: Legislator minta KPKP sosialisasikan nilai dan jaga stok pangan



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close