Kemenperin siapkan Rp140 M untuk pameran dagang industri internasional - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Dianggarkan sejumlah Rp140 miliar. Anggaran tersebut di-breakdown dalam tiga golongan besar. Pertama, memenuhi perjanjian dengan DMAG (Deutsche Messe AG) mengenai kita sewa lahan serta untuk pembangunan paviliun.

Jakarta (BERITAJA.COM) - Kementerian Perindustrian menyiapkan biaya sebanyak Rp140 miliar untuk menjadi partner country pameran jual beli industri internasional Hannover Messe 2023 di Jerman,  17-21 April 2023.

“Dianggarkan sejumlah Rp140 miliar. Anggaran tersebut di-breakdown dalam tiga golongan besar. Pertama, memenuhi perjanjian dengan DMAG (Deutsche Messe AG) mengenai kita sewa lahan serta untuk pembangunan paviliun,” kata Direktur Jenderal Ketahanan Perwilayahan dan Akses Industri Internasional Eko S Cahyanto dalam Press Briefing Hannover Messe di Jakarta, Rabu.

Kelompok penggunaan biaya kedua untuk rangkaian aktivitas utama Hannpver Messe seperti official program, pembukaan paviliun nasional dan aktivitas business summit, conference, seminar, country night. Sedangkan nan ketiga adalah rangkaian proses persiapan seperti kurasi co-exhibitors nan telah berjalan sejak 2022.

“Anggaran tersebut merupakan anggaran nan diberikan dari total sekitar Rp200 miliar nan kami ajukan,” ucapnya.

Berita lain dengan Judul: RI tunjukkan penerapan Industri 4.0 lewat gelaran Hannover Messe

Eko menjelaskan penggelontoran biaya nan besar tersebut sesuai dengan inisiatif Making Indonesia 4.0 nan salah satunya mewajibkan Indonesia untuk tampil di panggung bumi guna menunjukkan keahlian Indonesia di dalam penguasaan dan penerapan teknologi.

Kemudian, juga sebagai arena untuk menunjukkan kesiapan Indonesia dalam menyiapkan talent termasuk human capital dalam rangka pembangunan industri, serta menjadi bagian dari supply chain global khususnya dalam pembangunan industri manufaktur.

“Secara umum nan kita harapkan dalam penyelenggaraan Hannover Messe, pertama bumi tahu tentang Indonesia seperti nan saya rinci (di atas). Kedua, bisa meyakinkan mereka bahwa Indonesia adalah tempat nan tepat untuk berinvestasi,” jelasnya.

Berita lain dengan Judul: Kemenperin dukung ekspansi pasar IKM kerajinan lewat Inacraft 2023

Meski mengucurkan biaya hingga Rp140 miliar, Kemenperin menargetkan ada investasi nan masuk hingga 100 kali lipat alias senilai Rp14 triliun, baik antara pemerintah, antarlembaga pemerintah dan swasta serta antarbisnis.

“Kami mengharapkan ada engagement nan lebih sehingga bisa menjadi satu kesepakatan dan kerja sama upaya nan bisa diimplemetnasikan dalam corak investasi di Indonesia. Targetnya kira-kira kami berambisi setidaknya 100 kali lipat bisa kita dapatkan,” kata Eko.

Kendati demikian, dia menegaskan kesepakatan senilai Rp14 triliun tersebut tidak bisa terwujud dalam 1 tahun lantaran realisasi investasi memerlukan waktu. Namun, pihaknya bakal senantiasa memonitor seluruh hasil dari Hannover Messe. Layaknya pada gelaran Hannover Messe 2021, nan mana salah satunya terdapat kesepakatan kerja sama investasi untuk memproduksi komponen pesawat terbang nan saat ini pembangunannya sedang dalam proses pembangunan di Sleman, Yogyakarta.



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close