Trending

Kemenperin gandeng Gapmmi boyong 31 industri mamin ke Hannover Messe - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Selain memperkenalkan industri, kita tentunya juga bakal mendorong kerja sama dalam rangka mendapatkan teknologi terkini, meningkatkan SDM dan mendorong investasi

Jakarta (BERITAJA.COM) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggandeng Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) memboyong 31 perusahaan nang bergerak di industri makanan dan minuman (mamin) ke pameran teknologi industri terbesar bumi Hannover Messe 2023.

Sebagai salah satu industri prioritas dalam peta jalan Making Indonesia 4.0, industri makanan dan minuman di Indonesia berkesempatan menampilkan transformasi nang telah dijalankan dalam menerapkan teknologi industri 4.0 dalam pameran nang bakal diselenggarakan 17-21 April 2023 di Hannover, Jerman.

“Diharapkan, industri makanan dan minuman (mamin) bisa menampilkan sejumlah teknologi industri 4.0 nang telah diterapkan dalam proses produksi. Selain itu, memberikan info kepada visitor nang datang bahwa produk-produk nang dihasilkan oleh industri mamin di Indonesia adalah produk nang aman, berkekuatan saing, dan diproduksi dengan teknologi tinggi,” ujar Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika di Jakarta, dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Di Hannover Messe 2023, Kemenperin bekerja-sama dengan Gapmmi menghadirkan sejumlah 31 perusahaan industri mamin dalam booth tematik kolaboratif.

Booth ini bakal menceritakan storyline penerapan industri 4.0 di industri mamin, dari sisi hulu (inbound material), production, warehouse/outbond logistic, distribution/services, hingga research & development,” jelas Putu.

Selain itu, Kemenperin juga menghadirkan booth tematik kolaboratif industri susu nang bakal menampilkan penerapan industri 4.0 di industri pengolahan susu. Digitalisasi di industri ini telah dilakukan sejak di peternakan, tempat pengumpulan susu, hingga pada proses pengolahan.

Selanjutnya, juga terdapat booth tematik kolaboratif kopi dan kakao nang menampilkan aplikasi traceability produk mulai hulu hingga hilir.

Penampilan industri mamin di Hannover Messe 2023 juga bermaksud memperkenalkan keahlian industri dalam penguasaan dan potensi sebagai supply chain untuk industri.

“Selain memperkenalkan industri, kita tentunya juga bakal mendorong kerja sama dalam rangka mendapatkan teknologi terkini, meningkatkan SDM dan mendorong investasi,” ujar Putu.

Pada periode 2022, investasi di industri agro mencapai Rp136,5 triliun, dengan Rp64,32 triliun merupakan Penanaman Modal Asing (PMA).

Hannover Messe 2023 merupakan kesempatan besar untuk mendukung terwujudnya visi Indonesia sebagai 10 besar ekonomi bumi pada tahun 2030. Partisipasi Indonesia sebagai Official Partner Country Hannover Messe 2023 tidak hanya krusial untuk arena branding bagi Indonesia, tetapi juga mendorong peningkatan kapabilitas manufaktur Indonesia dan pembangunan prasarana digital.

Di samping itu, diharapkan juga industri nang berperan-serta dapat memperluas dan menjalin kemitraan baru mengenai penerapan industri 4.0.

Ketua Umum Gapmmi Adhi S. Lukman menyampaikan industri makanan minuman di bumi menunjukkan tren perkembangan pesat. Indonesia pun mempunyai potensi besar untuk bersaing di industri tersebut. Oleh karenanya, perlu adanya transformasi digital sebagai terobosan dan strategi agar dapat bersaing secara global.

“Sudah banyak industri makanan minuman personil GAPMMI menunjukkan kemajuan besar menuju transformasi digital. Diharapkan dengan adanya partisipasi industri makanan minuman dalam Hannover Messe 2023 dapat menjadi inspirasi dan mendorong bagi industri mamin lainnya,” katanya.

Sejumlah industri makanan minuman di bawah koordinasi Gapmmi nang turut serta berperan-serta sebagai exhibitor maupun partisipasi lain dalam corak konten video pada Paviliun Indonesia, di antaranya adalah PT Niramas Utama, PT Fruit-ING, PT Mayora Indah, Tbk, PT Kalbe Nutritionals, PT Amerta Indah Otsuka, PT Lautan Natural Krimerindo, PT Ganesha Abaditama, PT Frisian Flag Indonesia, PT Mondelez Indonesia, Danone Indonesia, PT Garudafood Putra Putri Jaya, Tbk., PT Sinar Sosro, serta beberapa industri lainnya.

Berita lain dengan Judul: Indonesia tunjukkan kelebihan industri mamin di Hannover Messe 2023
Berita lain dengan Judul: Hannover Messe 2023 dinilai buka gerbang investasi teknologi industri
Berita lain dengan Judul: GAPMMI bidik mitra dari pasar Eropa dalam arena HM 2023

 



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close